Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran, Belum Ada Lonjakan Penumpang di Stasiun Gambir

Salah seorang petugas keamanan mengatakan kondisi hari ini tak jauh berbeda dengan sebelumnya. "Sampai saat ini belum terlihat ada lonjakan penumpang," kata dia di lokasi dikutip dari Tempo.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 April 2021  |  23:08 WIB
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Situasi Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, jelang lebaran 2021 nampak ramai namun tak penuh sesak pada Ahad siang hingga sore, 25 April 2021. Tak terlihat adanya penumpukan calon penumpang.

Salah seorang petugas keamanan mengatakan kondisi hari ini tak jauh berbeda dengan sebelumnya. "Sampai saat ini belum terlihat ada lonjakan penumpang," kata dia di lokasi dikutip dari Tempo.

Selain ruang tunggu di Hall Selatan, penumpukan calon penumpang juga tak terlihat di lokasi tes antigen dan GeNose Stasiun Gambir. Semakin sore lokasi tersebut nampak makin lowong. Penumpang yang sudah menjalani tes silih berganti bergeser ke ruang tunggu.

Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta Eva Chairunisa. Ia mengatakan hingga saat ini belum terjadi lonjakan penumpang kereta api jarak jauh. Kondisi itu terjadi baik di Stasiun Gambir maupun Senen, Jakarta Pusat.

Eva menjelaskan, kemarin pihaknya mengoperasikan 15 kereta api yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen. Rata-rata volume penumpang yang berangkat, kata Eva, sekitar 3 ribuan orang. Sementara dari Stasiun Gambir, ada 13 kereta api yang beroperasi mengangkut sekitar 2 ribuan penumpang. “Jumlah perjalanan dan volume rata-rata penumpang berangkat pada pekan ini sama dengan pekan sebelumnya,” tutur Eva.

Adapun mulai kemarin, Sabtu, 24 April 2021, masa berlaku tes bebas Covid-19 PCR dan antigen menjadi sebagai syarat perjalanan Kereta Api atau KA Jarak Jauh pada 24 April-5 Mei dan 18 Mei-24 Mei 2021 menjadi 1x24 jam sebelum keberangkatan. Masa berlaku itu berubah dari biasanya, di mana hasil tes kesehatan serupa dapat berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Dengan berlakunya kebijakan itu, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau pengguna yang akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dapat mengatur waktu perjalanannya dengan baik. Menurut Eva, jika memilih melakukan tes GeNose atau rapid antigen di stasiun maka diimbau agar tak berdekatan dengan waktu keberangkatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran stasiun gambir

Sumber : Tempo

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top