Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Dilarang, Kegiatan Belanja Online Diperkirakan Meningkat

Lalu lintas e-commerce selama Ramadan/Idulfitri diperkirakan akan mengalami peningkatan pesat, salah satunya karena adanya pelarangan mudik yang dapat membuat orang-orang beralih ke belanja online untuk persiapan lebaran
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 23 April 2021  |  19:07 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Perdagangan elektronik diperkirakan akan meningkat tinggi selama Ramadan dan Idulfitri.

“Tahun ini, kami memperkirakan peningkatan besar pada lalu lintas e-commerce selama Ramadan/Idulfitri karena beberapa alasan. Salah satunya, pelarangan mudik, dapat membuat orang-orang beralih ke belanja online untuk persiapan lebaran,” jelas General Manager Genie Indonesia Evelyin Wu kepada Bisnis, Jumat (23/4/2021).

Sebagai salah satu platform e-commerce, Genie mencatat pertumbuhan pesanan sebesar 26 persen pada Ramadan tahun lalu, dibandingkan dengan periode sebelum Ramadan. Sementara itu, pandemi Covid-19 tengah melanda Indonesia dan dunia pada sekitar April-Mei 2020 yang bertepatan dengan Ramadan.

Maka itu, Evelyin memperkirakan pertumbuhan order sebesar 30 persen di tahun ini terutama karena adanya stimulus baru dari pemerintah dan berbagai bentuk bantuan sosial lainnya.

Evelyin mencontohkan stimulus dari pemerintah sebesar Rp500 miliar untuk subsidi ongkos kirim (ongkir) Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) akan mendorong kegiatan pembelian online di platform e-commerce. Selain subsidi untuk ongkir Harbolnas, Evelyin juga menilai pembayaran tunjangan hari raya (THR) dapat mendorong konsumsi masyarakat terutama dalam belanja online.

Evelyin juga mengatakan upaya yang dilakukan pemerintah terkait dengan subsidi belanja online tersebut bisa menjadi upaya untuk mempercepat perkembangan e-commerce di seluruh Indonesia, serta menggerakan pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Hal ini akan mendorong lebih banyak UMKM untuk mulai membuat online platform untuk menjual produk usaha mereka secara daring atau melakukan digitalisasi terhadap toko mereka, agar dapat mengikuti ledakan e-commerce,” jelasnya.

Adapun, Genie merupakan platform manajemen penjualan omnichannel yang dapat membantu usaha lokal untuk menciptakan dan mengatur toko online dan offline mereka dengan mudah. Para pemilik usaha dapat menggunakan Genie untuk mendirikan toko online dan offline sekali saja tanpa harus mendirikannya secara terpisah di platform e-commerce yang sudah ada sebelumnya.

Sejak tahun lalu, Genie telah melakukan kemitraan dengan berbagai pemain utama platform e-commerce di Indonesia. Maka itu, pemiliki usaha dapat mengatur segalanya dalam satu sistem mulai dari pendaftaran produk, inventarisasi, pendataan pelanggan dan jasa, serta akuntansi dan pembayaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran Ramadan transaksi online ecommerce
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top