Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GeNose Hadir di Pelabuhan Tanjung Perak, Biaya Cuma Rp30.000

Pelindo III menuturkan fasilitas tes GeNose C19 kini hadir di Pelabuhan Tanjung Perak dengan biaya pemeriksaan cuma Rp30.000.
Polisi bersiaga di Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Senin (20/5/2019)./Antara
Polisi bersiaga di Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Senin (20/5/2019)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyampaikan pelabuhan Tanjung Perak kini telah memiliki layanan pemeriksaan cepat untuk deteksi dini Covid-19 dengan menggunakan alat GeNose C19.

Secara bertahap, layanan GeNose C19 juga akan tersedia di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Banjarmasin dengan biaya pemeriksaan hanya Rp30.000.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto menjelaskan kehadiran layanan GeNose akan memberikan kemudahan bagi para calon penumpang kapal laut untuk melakukan pemeriksaan deteksi Covid-19 yang merupakan syarat untuk melakukan perjalanan.

Layanan GeNose C19 di terminal milik Pelindo III diklaim memiliki harga yang lebih terjangkau bagi para calon penumpang kapal laut, sehingga diharapkan dapat mengurangi beban biaya para penumpang.

"Mulai hari ini layanan GeNose C19 sudah tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp30.000 untuk setiap orang sekali periksa,” kata Edi, Sabtu (17/4/2021).

Edi mengatakan metode GeNose merupakan metode paling terjangkau jika dibandingkan dengan metode pemeriksaan lainnya, seperti Rapid Test. 

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H. Purnomo menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo III perihal hadirnya layanan GeNose C19 untuk para calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak, yang menyusul kemudian di dua pelabuhan lain yaitu Pelabuhan Tanjung Emas dan pelabuhan Banjarmasin.

“Saya berharap semua pelabuhan dan sarana angkutan laut bisa memiliki fasilitas ini semua," kata Agus.

Layanan GeNose C19 di Pelabuhan Tanjung Perak dapat diakses setiap hari Senin hingga Sabtu oleh para calon penumpang kapal laut mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 20:00 WIB. Para calon penumpang kapal cukup menunjukkan tiket kapal laut sebagai syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19.

Pelindo III juga menyediakan ruang isolasi yang diperuntukkan bagi calon penumpang yang memperoleh hasil positif dari pemeriksaan GeNose C19. Selanjutnya bagi mereka akan diarahkan untuk menuju fasilitas pemeriksaan rapid antigen secara mandiri untuk validasi hasil. Jika masih kedapatan positif maka calon penumpang tersebut tidak diperkenankan masuk ke dalam fasilitas terminal penumpang.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper