Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibangun 2022, Jembatan Layang Sitinjau Laut Sedot Rp1,28 Triliun

Peletakan batu pertama direncanakan tahun depan dan 2024 proyek selesai dibangun.
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Raya Padang- Jambi, kelok Sitinjau Laut, Padang, Sumatra Barat, Sabtu (1/7)./ANTARA-Iggoy el Fitra
Foto aerial kendaraan melintas di Jalan Raya Padang- Jambi, kelok Sitinjau Laut, Padang, Sumatra Barat, Sabtu (1/7)./ANTARA-Iggoy el Fitra

Bisnis.com, PADANG — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa menyampaikan pembangunan jembatan layang Sitinjau Laut yang merupakan jalan nasional akan dimulai pada 2022 dengan anggaran sebesar Rp1,28 triliun.

"Pembangunan jembatan layang Sitinjau Laut merupakan salah satu proyek utama yang masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional dari 35 proyek nasional besar yang ada di beberapa daerah saat ini," katanya, Kamis (8/9/2021).

Suharso menyampaikan hal itu saat meninjau jalur Sitinjau Laut didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, dan sejumlah pejabat terkait.

Menurut Menteri PPN, jembatan layang Sitinjau Laut masuk dalam proyek nasional karena kondisinya yang strategis sehingga perlu dibangun jembatan layang untuk memastikan keselamatan lalu lintas.

"Manajemen keselamatan transportasi itu diatur oleh Bappenas," kata dia.

Suharso menyampaikan bahwa sejak 2012 sebenarnya sudah ada studi kelayakan dan saat ini pihaknya melakukan ulasan.

"Saya berharap agak cepat dilakukan, tahun depan peletakan batu pertama dan 2024 sudah selesai," kata dia.

Gubernur Sumbar Mahyeld mengatakan bahwa pemprov bersama komponen pembangunan daerah mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengawal menyukseskan semua program nasional di Sumbar.

Jalur Sitinjau Laut yang merupakan jalan nasional menghubungkan Kota Padang dengan Solok dikenal sebagai jalur maut.

Tanjakan yang terbilang ekstrem, turunan tajam, tikungan maut, jurang yang menganga di sisi jalan hingga ancaman longsor dari perbukitan menjadi tantangan yang harus ditaklukan pengemudi.

Tak sedikit sopir yang ciut nyalinya saat harus menjajal tanjakan dengan kemiringan hingga 45 derajat tepatnya di Panorama I yang apabila kondisi kendaraan tak laik maka maut tantangannya.

Akibatnya insiden masuk jurang, kendaraan kehabisan napas di pendakian, rem blong, hingga tertimpa material longsor menjadi fenomena rutin di Sitinjau Laut.

Sebelumnya, pakar transportasi publik Universitas Andalas (Unand) Yosyafra, Phd menilai pembangunan jalan layang di Panorama I dan II di kawasan Sitinjau Laut merupakan solusi mengatasi beratnya jalur tersebut.

"Jalur Sitinjau Laut masuk salah satu yang terberat di Indonesia, tidak semua sopir kendaraan besar bisa melewatinya, apalagi derajat kemiringan lebih dari delapan persen sehingga salah satu solusi adalah membangun jembatan di Panorama I dan II," kata dia

Menurutnya, jika jembatan selesai akan memudahkan kendaraan berat yang kelebihan dimensi dan muatan.

"Selama ini kerap terjadi kecelakaan karena derajat kemiringan jalan yang tinggi serta kendaraan yang lewat melebihi ukuran dan muatan," ujarnya.

Secara standar jalan, saat ini kawasan Sitinjau Laut sudah memenuhi standar jalan nasional dengan lebar minimal 8 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper