Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal I/2021, IPC Catat Kinerja Positif Berkat Digitalisasi

PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC berhasil mencatat kinerja positif pada kuartal I/2021 dalam bidang pergerakan barang berkat digitalisasi di semua sektor.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 06 April 2021  |  18:50 WIB
Suasana Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Suasana Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC mencatatkan kinerja positif pada kuartal I/2021 dalam sektor pergerakan barang.

General Manager Cabang Pelabuhan Panjang PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Adi Sugiri menyampaikan bahwa hal itu dicapai berkat digitalisasi di semua sektor dan penekanan prinsip pelayanan pelabuhan harus terus optimal kendati di tengah pandemi.

“Untuk kuartal I [2021] keseluruhan barang hampir 1,7 juta ton. Untuk peti kemas targetnya itu hampir 120.000 sampai 130.000 teus [hingga akhir tahun ini],” katanya kepada Tim Jelajah Pelabuhan 2021 Bisnis Indonesia, di Lampung, Selasa (6/4/2021).

Lebih lanjut, realisasi peti kemas hingga kuartal I/2021, sambung Adi, mencapai 25.751 boks dengan 30.285 teus. Secara keseluruhan barang, capaian atau realisasi kuartal pertama 2021 telah melampaui target yakni 1,3 juta ton untuk keseluruhan barang dengan 25.371 teus.

“Artinya ini menunjukkan kondisi ekonomi berangsur membaik,” imbuhnya.

Selain digitalisasi, capaian positif ini bisa diraih dengan upaya peremajaan alat pendukung bongkar muat logistik seperti container crane, jib crane, dan yang lainnya. Walhasil, percepatan pelayanan bongkar muat ini secara otomatis juga berdampak pada kinerja positif perusahaan.

Sebagai informasi, kegiatan Jelajah Pelabuhan 2021 yang diinisiasi Bisnis Indonesia didukung oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, PT Pelindo II (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry, PT Jasa Armada Indonesia Tbk, PT Pelni (Persero), dan PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo ii Jelajah Pelabuhan 2021
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top