Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dua Ruas Tol di Jabodetabek Diresmikan Minggu Ini

Keseluruhan fungsi badan utama di ruas Cengkareng-Kunciran sudah selesai dan berfungsi dengan baik. Walakin, Endra menyampaikan proses konstruksi jalan tol tersebut saat ini masih di level 94,08 persen.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  20:56 WIB
Pekerja dibantu alat berat menyelesaikan proyek pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (1/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Pekerja dibantu alat berat menyelesaikan proyek pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (1/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pemerintah akan meresmikan Jalan Tol Cengkareng-Kunciran dan Serpong-Cinere seksi I Serpong-Pamulang pada Kamis, (1/4/2021). Kedua ruas tol di Kawasan Jabodetabek tersebut rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Staf Ahli Menteri PUPR idang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atamawidjadja mengatakan peresmian kedua ruas tersebut akan melengkapi Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road II di sisi baret. Endra menilai peresmian kedua ruas tol tersebut telah dinantikan masyarakat Tanggerang dan Tanggerang Selatan.

"Ini juga menjadi alternatif lain dari Jawa Barat dan Jakarta bagian selatanuntuk menuju Bandar Soekarno Hatta," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (30/3/2021).

Endra menyatakan keseluruhan fungsi badan utama di ruas Cengkareng-Kunciran sudah selesai dan berfungsi dengan baik. Walakin, Endra menyampaikan proses konstruksi jalan tol tersebut saat ini masih di level 94,08 persen.

Endra menyatakan konstruksi yang belum rampung adalah pemasangan guard rail dan pembuatan marka jalan. Endra menilai kedua kegiatan konstruksi tersebut tidak akan menganggu fungsi utama jalan tol dari gerbang tol ke gerbang tol.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mendata Jalan Tol Cengkareng-Kunciran akan dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng. Adapun, investasi yang terserap oleh konstruksi ruas tersebut mencapai Rp5 triliun dengan biaya konstruksi mencapai Rp1,96 triliun.

Adapun, konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Kunciran terbagi menjadi empat Seksi, yakni Seksi I Kunciran–Tirtayasa (2,04 Kilometer), Seksi II Tirtayasa–Benteng Betawi (3,52 Kilometer), Seksi III Benteng Betawi–H.Sastranegara (6,57 Kilometer), dan Seksi IV H.Sastranegara–SS Benda (2,06 Kilometer).

Sementara itu, Tol Cengkareng-Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Jalan Tol Cengkareng-Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

Di sisi lain, Jalan Tol Serpong–Cinere terbagi menjadi dua seksi yakni Seksi I Serpong-Pamulang (6,5 kilometer) dan Seksi II Pamulang-Cinere (3,6 kilometer). Persemian seksi kedua pada minggu ini akan menyelesaikan konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere yang telah dibangun sejak sekitar 2017.

Sejauh ini, perkembangan konstruksi seksi II Tol Serpong-Cinere telah mencapai 86 persen. Adapun, tol yang akan dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya tersebut telah menghabiskan biaya konstruksi sekitar Rp2,1 triliun.

"Untuk sisa seksi 2 Pamulang-Cinere nantinya akan tersambung ke Ruas Tol Cinere- Jagorawi dan Tol Depok -Antasari, sehingga menjadi jaringan yang terhubung," tutur Endra.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top