Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Batik Air Tujuan Jakarta Gangguan, Lion Group Gantikan dengan Airbus 320-200CEO

Pergantian pesawat dilakukan pasca ditemukannya gangguan teknis yang berdampak kepada keterlambatan jadwal penerbangan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 Maret 2021  |  23:21 WIB
Batik Air dengan tipe pesawat Airbus 320-200CEO. - Batik Air / Marthunis
Batik Air dengan tipe pesawat Airbus 320-200CEO. - Batik Air / Marthunis

Bisnis.com, JAKARTA - Batik Air memutuskan mengganti tipe pesawatnya dengan Airbus 320-200CEO dalam menerbangkan penumpang dari Semarang menuju Jakarta.

Pergantian pesawat dilakukan pasca ditemukannya gangguan teknis yang berdampak kepada keterlambatan jadwal penerbangan.

Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala menjelaskan pesawat dengan registrasi PK-LZJ tersebut menggantikan penerbangan bernomor sama yakni ID-6355.

Penerbangan tersebut dijadwalkan pada Minggu (28/3/2021) dengan rute Semarang melalui Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Jawa Tengah (SRG) tujuan Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK).

Namun, sayangnya, jadwal tersebut harus mengalami keterlambatan keberangkatan dikarenakan kendala teknis pada sistem hidrolik pesawat.

Pilot lantas memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base/ RTB). Keputusan pilot ini untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Penerbangan ID-6355 telah diberangkatkan kembali menggunakan jadwal keberangkatan terbaru pukul 18.13 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dari Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani.Dalam penerbangan ini, Batik Air mengganti pesawat udara dengan menggunakan armada lainnya yakni Airbus 320-200CEO registrasi PK-LZJ,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (28/3/20210.

Adapun pelaksanaan sesuai standar operasional prosedur, pengecekan pesawat sebelum keberangkatan (pre flgiht check) tetap dijalankan dan dinyatakan laik terbang dan beroperasi (airworthy for flight).

Pesawat tersebut pada akhirnya bisa mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada pk.19.27 WIB.

Batik Air membawa enam awak pesawat serta 95 tamu. Dari data tamu sebelumnya sebanyak 120 penumpang, terdapat 25 penumpang mengajukan perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) dan pengembalian dana dari tiket (refund).

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamana yang timbul, terganggunya perjalanan udara para tamu pada penerbangan ID-6355. Kami akan meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu,” tekan Danang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semarang lion air batik air
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top