Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Profil Ever Given, ‘Raksasa’ yang Tersangkut di Terusan Suez

Ever Given tersangkut di Terusan Suez akibat diterjang angin kenjang pada Selasa (23/3/2021).
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 28 Maret 2021  |  13:41 WIB
Ever Given ketika berada di terminal ECT Delta di Pelabuhan Rotterdam. - Istimewa/Wikipedia
Ever Given ketika berada di terminal ECT Delta di Pelabuhan Rotterdam. - Istimewa/Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA — Kapal kargo Ever Given berbendera Panam tersangkut di Terusan Suez, Mesir, pekan ini. Terjepitnya salah satu kapal terbesar ini menyebabkan pengiriman komoditas ke Eropa terhambat karena posisi kapal menutup salah satu alur pelayaran terpadat di dunia tersebut.

Ever Given merupakan salah satu kapal terbesar di Dunia yang dibangun di galangan kapal Imabari Shipbuilding, Jepang, pada Natal 2015. Selang hampir 3 tahun kemudian tepatnya pada 25 September 2018, pembangunan kapal tersebut pun rampung.

Kapal yang dioperatori oleh Evergreen Marine ini memiliki panjang keseluruhan 399,9 meter dengan lebar lambung 58,8 meter.  Ever Given juga memiliki tinggi  32,9 meter dan tonase 220.940 gross tonnage. Kapal ini memiliki bobot 199.629 ton dengan kapasitas peti kemas mencapai 20.124 TEUs.

Dengan panjang tersebut, Ever Given lebih panjang dari Menara Eifel di Paris Prancis 324 meter, tiga kali tinggi Monumen Nasional (Monas) di Jakarta yakni 132 meter atau hampir setinggi Menara Petronas di Malaysia yaitu 451 meter.

Ever Given dimiliki oleh perusahaan asal Jepang Shoei Kisen Kaisha. Kapal ini kemudian disewa dan dioperasikan oleh perusahaan pengakut dan pengiriman peti kemas Taiwan Evergreen Marine Corp. Ltd. Nama Evergreen di lambung kapal berasal dari nama perusahaan tersebut.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Evergreen Marine Corp merupakan perusahaan yang mengoperasikan kapal kontainer untuk memindahkan barang ke seluruh dunia. Evergreen Marine juga terlibat dalam bisnis terminal, operasi kapal penerbangan dan transportasi barang bermotor serta manufaktur peti kemas.

Meski dibuat oleh Jepang dan disewa Taiwan, Ever Given terdaftar di Panama. Selain itu, manajemen teknis kapal tersebut merupakan tanggung jawab perusahaan manajemen kapal asal Jerman, Bernhard Schulte Shipmanagement.

Ever Given tersangkut di Terusan Suez akibat diterjang angin kenjang pada Selasa (23/3/2021). Akibat peristiwa ini sekitar 200 kapal lego jangkar di sekitar terusan yang mempersingkat pelayaran dari Asia ke Eropa tersebut.

Sebagian di antaranya juga dilaporkan terpaksa mengubah rute pelayaran melintasi Tanjung Harapan untuk menuju ke Eropa. Rute Tanjung Harapan adalah memutar melintasi selatan Benua Afrika dengan jarak tempuh sekitar 20 hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kargo terusan suez
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top