Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Roombox di Bandara Soekarno-Hatta, Berapa Tarifnya?

Fasilitas yang tersedia di dalam Roombox adalah kasur untuk 2-3 orang, meja dan kursi kerja, televisi, serta pendingin udara.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 Maret 2021  |  12:45 WIB
PT Capsule Indonesia memperkenalkan roombox, penginapan serupa hotel kapsul, tetapi dengan kapasitas lebih besar.  - Istimewa
PT Capsule Indonesia memperkenalkan roombox, penginapan serupa hotel kapsul, tetapi dengan kapasitas lebih besar. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta memperkenalkan konsep roombox yang merupakan kamar serupa kapsul namun dengan dimensi yang lebih luas dan cukup untuk 2-3 orang.

Direktur PT Capsule Indonesia Rudy Josano menjelaskan setiap tahunnya penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 60 juta orang.

Dia pun lantas membandingkan perbedaan dengan luasan lahan yang harus disediakan untuk hotel seperti biasa jika sebanyak 5 persen diantaranya saja membutuhkan penginapan atau hotel.

Sementara itu, lanjutnya, untuk hotel kapsul ini cukup dibutuhkan lahan seluas 400 meter persegi untuk 120 kapsul yang nyaman dan aman.

Roombox ini terletak di Digital Airport Hotel Terminal 2, di dalam satu area dengan hotel kapsul. Fasilitas yang tersedia di dalam Roombox adalah kasur untuk 2-3 orang, meja dan kursi kerja, televisi, serta pendingin udara.

“Tarif untuk hotel kapsul di Digital Airport Hotel Terminal 2 dan Terminal 3 adalah Rp200.000 selama 9 jam dan Rp300.000 selama 24 jam. Sementara itu, untuk roombox dipatok Rp450.000—Rp500.000,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (8/3/2021).

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan Digital Airport Hotel yang dikelola PT Capsule Indonesia pertama kali dibuka pada 10 Agustus 2018 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan 120 kapsul futuristik atau kamar dengan berbagai fasilitas untuk memudahkan traveler yang membutuhkan keringkasan, kepraktisan, kecepatan dan sangat mementingkan bujet.

Dia menjelaskan setiap kapsul seluas 1,3 meter x 2 meter ini terdapat sejumlah fasilitas seperti televisi, headphone, kasur, bantal, selimut, 2 USB charging port, ambience light, pendingin udara, WiFi super kencang, dan cermin. Terdapat juga loker dan shower room di area hotel yang dapat digunakan oleh pelanggan.

Melihat permintaan yang tinggi, Digital Airport Hotel kemudian pada Februari 2020 membuka layanan di Terminal 2 dengan jumlah kapsul sebanyak 110 kapsul.

Konsep hotel kapsul ini terintegrasi dengan konsep pengembangan bandara pintar atau bandara digital di Bandara Soekarno-Hatta. Di Terminal 3, hotel kapsul sudah ada pada 2018, dan pada Februari 2020 ada di Terminal 2. Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara pertama di Indonesia yang memiliki hotel kapsul.

Di sisi lain, keberadaan hotel kapsul juga mengakomodir tumbuhnya permintaan traveler terhadap penginapan di bandara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel bandara bandara soekarno-hatta
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top