Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Onduline Buka Kompetisi Desain Konstruksi Atap Bangunan Berkelanjutan

Produsen atap ramah lingkungan Onduline Indonesia kembali membuka kompetisi desain konstruksi atap bangunan berkelanjutan. Adapun yang menjadi penilaian dalam kompetisi tersebut adalah ide-ide dengan kemampuan mengatasi tantangan urbanisasi dan peningkatan kualitas hidup.
Ilustrasi kegiatan konstruksi perumahan./Bloomberg
Ilustrasi kegiatan konstruksi perumahan./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen atap ramah lingkungan Onduline, PT Onduline Indonesia, kembali membuka kompetisi desain konstruksi atap bangunan berkelanjutan.

Kompetisi tersebut dikemas dalam acara Onduline Green Roof Award (OGRA) 2021 dengan mengangkat tema Tropical Roof With Ecological Clean Energy & Passive Design.

Marketing Communications Manager PT Onduline Indonesia Yustiar N. Reissa Siregar mengatakan ajang 2 tahunan yang memasuki tahun kelimanya ini mencari proyek unggulan dari profesional di bidang arsitektur tentang konsep atap bangunan yang dapat memberi manfaat untuk kelestarian lingkungan dengan tetap mengutamakan passive design.

Selain itu, menggunakan clean energy dan ecological balance pada penyelesaian dan instalasinya yang digabungkan dengan keunggulan arsitekturnya.

Adapun yang menjadi penilaian dalam kompetisi tersebut adalah ide-ide dengan kemampuan mengatasi tantangan urbanisasi dan peningkatan kualitas hidup.

Pasalnya, menurut PBB, lebih dari separuh populasi dunia tinggal di kota dan diperkirakan meningkat 3 miliar jiwa pada 2050.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan urbanisasi tercepat di dunia. Pada 2020 populasi perkotaan di Indonesia mencapai 153 juta orang atau 56,7 persen dari total penduduknya.

Puncaknya pada 2045, atau kurang dari 25 tahun sejak saat ini, populasi perkotaan ditaksir meningkat menjadi 70 persen atau 220 juta orang.

Fenomena pindah dari desa ke kota ini memicu maraknya pembangunan yang dapat berdampak langsung pada kualitas hidup dan lingkungan di dalamnya.

Oleh karena itu, menurutnya, apabila cara merancang dan membangun hunian secara masif tidak responsif terhadap alam, kelak menjadi beban.

“Itulah mengapa Onduline Green Roof Award komitmen terus mempromosikan konstruksi bangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk mendukung dan memperbaiki kualitas lingkungan,” ujar Reissa yang juga Team Leader of OGRA Competition melalui keterangan tertulis pada Rabu (3/3/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper