Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina: Buka Pertashop Boleh Pakai Dana KUR, Baca Syaratnya!

Pertamina memperluas jaringan kemitraan Pertashop, kali ini melalui fasilitas KUR ditujukan bagi 5.000 Agen Brilink yang tersebar di seluruh Indonesia.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 26 Februari 2021  |  01:33 WIB
Sebanyak 28 Pertashop di wilayah Sumatra Bagian Selatan resmi beroperasi untuk menyalurkan BBM di pedesaan. istimewa
Sebanyak 28 Pertashop di wilayah Sumatra Bagian Selatan resmi beroperasi untuk menyalurkan BBM di pedesaan. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) membuka kesempatan kepada masyarakat untuk dapat membuka jaringan Pertashop menggunakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) Putut Andriatno mengatakan telah memberi sosialisasi Pertashop melalui fasilitas KUR ditujukan bagi 5.000 Agen Brilink yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurutnya, untuk mempercepat pembangunan Pertashop, Pertamina terus mensosialisasikan pola kemitraan Pertashop dengan berbagai pihak. Dia berharap pola kemitraan Pertashop yang difasilitasi KUR ini bisa mendorong pembangunan Pertashop.

“Dengan jaringan Agen Brilink dan fasilitas KUR yang ditawarkan, harapannya jumlah Pertashop yang beroperasi dapat terus meningkat," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (25/2/2021).

Adapun, pola Kerjasama pendirian Pertashop terbagi menjadi tiga tipe yakni Gold untuk luas 210 m² dan kapasitas tanki 3 kiloliter, Platinum untuk luas 300m² dan kapasitas tanki 10 kl, dan Diamond untuk luas 500m² dengan kapasitas tanki 10 KL, perbedaan besaran lahan akan berpengaruh terhadap layanan bisnis nonfuel retail (NFR) yang dapat beroperasi, misalkan agen pulsa, toko sembako, mini market, restoran, bengkel, dan bisnis turunan lainnya.

Sementara itu, untuk persyaratan yang harus dipenuhi hanya terdiri atas dua kriteria yaitu kriteria administrasi persyaratan dan kriteria lokasi. Apabila kriteria sudah terpenuhi, seluruh operasional Pertashop juga akan dipastikan sudah sesuai dengan standar keselamatan serta standar kualitas produknya akan terjamin serta disuplai langsung dari terminal BBM terdekat.

"Hingga saat ini, sudah beroperasi 1.371 outlet Pertashop yang tersebar di seluruh Indonesia, dan pada 2021 Pertamina menargetkan hingga 12.000 outlet," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI Agus Noorsanto mengatakan bahwa BRI siap mendukung program pemerataan energi sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Menurut Agus, dengan menggunakan jaringan yang ada, BRI melihat potensi dan memberikan kesempatan kepada Agen Brilink dan nasabah BRI lainnya untuk dapat mengembangkan usahanya dalam bidang penyediaan energi melalui kemitraan Pertashop.

“Sinergi dengan Sub Holding Commercial & Trading, BRI akan memberikan fasilitas KUR kepada calon mitra Pertashop, Agen Brilink, dan nasabah lainnya. Ini merupakan komitmen BRI untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, dan dengan dukungan dari BRI ini, harapannya layanan penyediaan energi bagi masyarakat bisa menjangkau hingga pelosok negeri,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top