Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Program JKP Dinilai Masih Akan Sulit Diakses Pekerja?

Setidaknya, manfaat JKP bisa diakses oleh pekerja yang kehilangan pekerjaan meskipun memiliki masa kerja kurang dari 2 tahun.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 05 Februari 2021  |  21:00 WIB
Ilustrasi - adweek.com
Ilustrasi - adweek.com

Bisnis.com, JAKARTA — Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dinilai masih sulit diakses bagi pekerja jika mengacu kepada Rancangan Peraturan Pemerintah tentang JKP.

Dalam rancangan aturan tersebut, manfaat JKP dapat diajukan setelah peserta memiliki masa iur paling sedikit 12 bulan dalam 24 bulan dan telah membayar iuran paling singkat 6 bulan berturut-turut pada BPJS Ketenagakerjaan sebelum terjadi pemutusan hubungan kerja atau pengakhiran hubungan kerja.

Menurut Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar, ketentuan tersebut relatif masih akan menyulitkan pekerja untuk dapat mengakses manfat program JKP.

"Kalau diterapkan seperti itu, akan susah bagi pekerja untuk mengakses manfaat program JKP ketika di-PHK dan masa kepesertaannya kurang dari 2 tahun atau tidak sesuai dengan ketentuan tersebut," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (5/2/2021).

Dia berpendapat bahwa mekanisme ketentuan tersebut seharusnya tidak perlu diatur di dalam RPP JKP. Terutama, ketentuan mengenai telah membayar iuran paling singkat 6 bulan berturut-turut pada BPJS Ketenagakerjaan yang setidak-tidaknya dapat dipersingkat menjadi 3 bulan.

Setidaknya, lanjut Timboel, manfaat JKP bisa diakses oleh pekerja yang kehilangan pekerjaan meskipun memiliki masa kerja kurang dari 2 tahun.

"Jangan dipersulit dengan ketentuan membayar iuran paling singkat 6 bulan berturut-turut. Pasalnya, pengusaha juga akan memikiki masalah kedisplinan dalam penerapannya nanti," tegas Timboel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pekerja phk
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top