Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Cloud Alami Kerugian Parah Sepanjang 2020

Alphabet Inc. mengungkapkan sepanjang 2020, divisi cloud kehilangan US$5,6 miliar.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  14:32 WIB
Ilustrasi Google. - Antara/Reuters
Ilustrasi Google. - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Alphabet Inc. mengatakan bisnis Google Cloud-nya mengalami kerugian operasional sebesar US$1,2 miliar pada kuartal keempat, rilis yang mungkin mengecewakan beberapa analis Wall Street.

Dilansir Bloomberg, Rabu (3/2/2021), perusahaan yang berbasis di Mountain View, California itu mengungkapkan sepanjang 2020, divisi cloud kehilangan US$5,6 miliar.

Namun demikian, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, pendapatan Google Cloud naik 47 persen menjadi US$3,8 miliar pada kuartal keempat, sesuai dengan perkiraan analis.

Brian Fitzgerald, Analis di Wells Fargo & Co., memprediksi Google Cloud menghasilkan margin operasi kurang dari 20 persen pada kuartal keempat tahun lalu, atau sekitar US$750 juta dalam keuntungan dengan pendapatan US$3,75 miliar.

Sementara itu, Managing Director Morgan Stanley Brian Nowak mengharapkan Google Cloud menghasilkan sekitar US$3 miliar tahun lalu, sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi.

Hasilnya jauh di belakang Amazon.com Inc., yang menjalankan Amazon Web Services, penyedia cloud terbesar. Bisnis itu menghasilkan pendapatan operasional kuartal keempat sebesar US$3,56 miliar dengan pendapatan US$12,7 miliar.

Chief Executive Officer Google Cloud Thomas Kurian mencoba mengejar Amazon dan Microsoft Corp. Dia telah menghabiskan banyak uang untuk memperluas tenaga penjualan cloud dan perusahaan terus berinvestasi di pusat data baru.

Adapun, Morgan Stanley memprediksi pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi Google Cloud akan mencapai US$13 miliar pada 2024 dengan pendapatan US$35 miliar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google cloud kerugian

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top