Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Chatib Basri: Jika Bisnis Ingin Bertahan, Harus Transformasi Digital

Namun, transformasi digital tidak mudah dan tidak murah. Solusinya adalah kolaborasi dengan pihak yang memahami atau berpengalaman dengan pengelolaan digital.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  10:56 WIB
Pengamat Ekonomi M. Chatib Basri. - FB Sri Mulyani
Pengamat Ekonomi M. Chatib Basri. - FB Sri Mulyani

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan menteri keuangan era SBY Chatib Basri mengungkapkan salah satu kunci agar bisnis bertahan di masa pandemi adalah transformasi digital.

"Namun, transformasi digital itu tidak mudah dan tidak murah," ujarnya dalam Webinar Meet The Expert Mandiri Sekuritas, Jumat (29/1/2021).

Oleh karena itu, dia mengungkapkan solusinya adalah kolaborasi dengan pihak yang memahami atau berpengalaman dengan pengelolaan digital.

Selain itu, dia menilai bisnis yang bisa bertahan adalah mereka yang bisa melakukan inovasi untuk melihat perubahan behaviour masyarakat.

Dia mencontohkan, restoran yang berada di dalam ruangan, bisa memindahkan area layananannya ke luar ruangan untuk menyiasati aturan jarak.

"Kalau di luar tidak ada jarak sehingga kapasitasnya bisa ditambah. Ini yang dilakukan di Eropa," kata Chatib.

Solusi lain, restoran bisa menyediakan private room. Pelanggan lebih nyaman karena tidak share dengan pelanggan yang lain.

Lebih lanjut, Chatib melihat ada kecenderungan pebisnis untuk beralih ke sektor kebutuhan primer, seperti makanan atau kuliner.

Dia menceritakan menjamurnya bisnis kuliner di saat pandemi mengingatkannya akan krisis 1998 ketika para artis beralih bisnis kuliner.

"Jadi di Jakarta itu ramai pada weekend atau malam dengan warung tenda, artis-artis pada jualan. Itu awal kuliner malam di Jakarta," ujarnya.

Dia mengakui, itu bisa dilakukan karena tidak ada pandemi. Sekarang ini, dia melihat polanya tetap sama, hanya saja penjualannya dilakukan secara online dengan menggunakan media sosial, Facebook dan Instagram.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chatib basri Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top