Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Yellen Kaji Risiko Keuangan dari Program Kebijakan Perubahan Iklim Joe Biden

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan akan mengambil langkah-langkah untuk lebih memahami risiko dan transisi perubahan iklim ke ekonomi AS.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  11:12 WIB
Menteri Keuangan AS Janet Yellen  - reuters
Menteri Keuangan AS Janet Yellen - reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan dia akan mencoba untuk lebih memahami risiko keuangan dari langkah-langkah untuk memerangi perubahan iklim, sambil menyatakan dukungan atas keputusan Presiden Joe Biden untuk membatalkan Keystone XL Pipeline.

Sebagai bagian dari tanggapan tertulis atas pertanyaan dari para senator, Yellen berhenti mengatakan bahwa langkah pemerintah untuk menghentikan proyek minyak membuatnya menjadi aset terdampar yang dapat menimbulkan risiko stabilitas keuangan.

"Signifikansi jalur pipa untuk keamanan energi dan ekonomi, terbatas," kata Yellen dalam tanggapannya atas pertanyaan lanjutan dari Senator Chuck Grassley, dilansir Bloomberg, Kamis (28/1/2021).

Dia mengatakan pencabutan izin Keystone XL Pipeline dapat berdampak negatif pada beberapa investor dalam proyek, tetapi pengembangan pipa yang berkelanjutan akan menimbulkan risiko lingkungan.

Grassley, seorang Republikan dari Iowa, telah bertanya kepada Yellen apakah tindakan tak terduga oleh pemerintah federal untuk menutup proyek itu, menghadirkan risiko yang lebih besar daripada yang ditimbulkan oleh perubahan iklim.

Yellen mengatakan akan mengambil langkah-langkah untuk lebih memahami risiko dan transisi perubahan iklim ke ekonomi AS.

Sebelumnya, Biden membatalkan izin TC Energy Corp. untuk proyek lintas batas dalam beberapa jam setelah menjabat pada 20 Januari lalu. Langkah ini mengulangi keputusan yang dibuat pada 2015 oleh Presiden Barack Obama untuk mencegah pipa itu menyeberang ke AS dari Kanada. Presiden Donald Trump membalikkan keputusan itu pada 2017 atas keberatan kelompok lingkungan.

TC Energy telah mengatakan bahwa keputusan Biden akan menyebabkan hilangnya ribuan pekerjaan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perubahan iklim janet yellen
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top