Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Targetkan Investasi 2021 Rp900 Triliun, Kepala BKPM Ungkap Syaratnya

Salah satu syarat utama tersebut adalah pandemi Covid-19 harus bisa diatasi dan vaksinasi harus berjalan.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  14:24 WIB
Layar menampilkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memberikan pemaparan dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 di Jakarta, Selasa (26/1/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha
Layar menampilkan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memberikan pemaparan dalam acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 di Jakarta, Selasa (26/1/2021). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia agar investasi pada 2020 sebesar Rp900 triliun.
 
Bahlil mengatakan bahwa untuk mencapai itu bukan hal yang mudah. Padahal, berdasarkan rencana strategis (renstra), tahun ini aliran modal yang masuk dipatok Rp858,5 triliun.
 
“Akan tetapi itu bukan sesuatu yang tidak mungkin. Itu bisa dilakukan dengan beberapa syarat,” katanya pada acara Bisnis Indonesia Business Challenges 2021 secara daring, Selasa (26/1/2021).
 
Bahlil menjelaskan bahwa yang pertama pandemi Covid-19 harus bisa diatasi. Di sisi lain vaksinasi harus berjalan.
 
“Dan diharapkan selesai di Mei-Juni, minimal seperdua [target vaksinasi] itu sudah selesai agar kepercayaan orang untuk menjalanjkan usahanya sudah bisa jalan,” jelasnya.
 
Yang kedua, tambah Bahlil, adalah aturan turunan dari Undang-Undang 11/2020 tentang Cipta Kerja terkait norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) terkait izin usaha sudah bisa dilakukan bersama-sama.
 
Terakhir ada sinergi positif yang komprehensif dan berlanjut antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.
 
Jika itu selesai, BKPM bisa masuk ke fase kedua. Itu adalah ruang melakukan penjajakan untuk pemerintah dan pelaku usaha baik dalam ataupun luar negeri dalam mengucurkan modalnya.
 
“Kalau itu bisa dilakukan dengan semagat optimisme, kita harus optimisme bisa dilakukan dengan baik,” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bkpm Realisasi Investasi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top