Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Serahkan Proses Pencarian Mitra Blok Rokan ke Pertamina

Blok Rokan memiliki peranan penting terhadap capaian hulu migas nasional sehingga proses pencarian mitra turut berperan penting.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  15:25 WIB
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan proses pencarian mitra di Blok Rokan oleh PT Pertamina (Persero) merupakan kewenanan perseroan tersebut.

Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementrian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan pada saat ini Pertamina tengah mengkaji mitra-mitra yang nantinya akan digandeng dalam mengelola Blok Rokan pada Agustus 2021.

Kendati demikian, Tutuka mengatakan Blok Rokan memiliki peranan penting terhadap capaian hulu migas nasional sehingga proses pencarian mitra turut berperan penting.

"Kami hanya bisa sampaikan bahwa partner penting keberhasilan ke depan dari kompetensi dan finansial," katanya dalam paparanya pada Senin (18/1/2021).

Sebelumnya, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengatakan Pertamina bakal menguasai 86 blok migas, termasuk Blok Rokan. Perusahaan migas pelat merah itu siap untuk menerima tawaran kemitraan dalam pengelolaan Blok Rokan.

"Pertamina kuasai 86 blok termasuk Rokan, Pertamina fully open untuk strategic partnership baik untuk hulu saja ataupun dalam grup non hulu untuk itu di Rokan, Pertamina siap partnership baik untuk IOC atau NOC. Apply proposal ke kami sekarang" katanya.

Sementara itu, Pertamina menyebutkan bakal membuka kesempatan untuk mitra lokal berpartisipasi di Blok Rokan setelah proses transisi selesai.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Budiman Pahursip mengungkapkan bahwa keputusan tersebut juga sebagai upaya meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di wilayah kerja (WK) Blok Rokan.

"Peningkatan TKDN harus ditingkatkan itu sudah jadi komitmen Pertamina yang akan diteruskan oleh Hulu Rokan bahwa peningkatan TKDN harus benar-benar ditingkatkan keikutsertaan perusahaan lokal harus dioptimalkan," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina Blok Rokan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top