Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Distribusi Vaksin, Lion Parcel Bidik Pertumbuhan Dua Kali Lipat

Pertumbuhan pengiriman Lion Parcel yang pesat terjadi pada akhir tahun lalu masih berada di wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Medan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  11:54 WIB
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020. - Istimewa
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Lion Parcel membidik pertumbuhan dua kali lipat atas volume pengangkutan pada tahun ini, termasuk dalam keterlibatan pendistribusian vaksin.

Marketing Communication & PR Lion Parcel Monica Krisna menyampaikan capaian target tahun lalu masih dihitung tetapi dia meyakini masih dapat terealisasikan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Terlebih, kata dia, pada tahun lalu perusahaan telah menjalankan berbagai strategi seperti peluncuran layanan untuk pengiriman paket satu hari sampai dengan jaminan uang kembali.

Lion Parcel juga ingin menyasar pasar di Pulau Jawa. Pengguna layanan Lion Parcel, sebutnya, mayoritas masih terkonsentrasi di luar Pulau Jawa. Tetapi, dia juga melihat besarnya potensi pengguna dan permintaan layanan pengiriman barang di Pulau Jawa baik itu tujuan intra Pulau Jawa maupun tujuan ke luar pulau Jawa.

“Kami menargetkan pertumbuhan dua kali lipat dari tahun 2020 pada 2021. Perusahaan optimistis pada 2021 dapat merealisasikan hal tersebut karena saat pandemi COVID-19, Lion Parcel juga mampu mencatatkan pertumbuhan transaksi ONEPACK 100 persen secara rata-rata per bulan,” ujarnya kepada Bisnis.com, Jumat (8/1/2021).

Beberapa upaya lainnya yang dilakukan Lion Parcel pada 2020 diantaranya seperti meluncurkan Setengah Harga Ongkos Kirim, peluncuran layanan Dokupack, program free upsize di aplikasi Lion Parcel, serta promo ONEPACK turun harga sejak 1 Desember 2020.

Dia menjabarkan permintaan pengiriman paket mengalami peningkatan yang cukup signifikan sejak akhir tahun lalu. Peningkatan permintaan yang signifikan ini terjadi karena adanya promo penyesuaian harga ONEPACK menjadi lebih ekonomis dan setara dengan layanan reguler di pasar sejak awal Desember 2020.

Menurutnya, pertumbuhan pengiriman Lion Parcel yang pesat terjadi pada akhir tahun lalu masih berada di wilayah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Medan.

“Jenis komoditi pengiriman yang paling banyak dikirimkan di natal dan tahun baru adalah komoditi fesyen dan dokumen. Hal ini dipengaruhi oleh adanya Harbolnas pada akhir tahun dan adanya layanan DOKUPACK yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat terkait kearsipan,” tekannya.

Selain dua jenis komoditi di atas, salah satu jenis barang yang mulai banyak masyarakat kirim dengan Lion Parcel adalah sarang burung walet dan daun kratom.

Pengiriman pada musim natal 2020 dan tahun baru 2021 ini pun lebih baik apabila dibandingkan dengan pada Idul Fitri 2020.

Pasalnya, wilayah yang sebelumnya menerapkan PSBB bahkan lockdown, sudah dibuka kembali dan dimanfaatkan untuk melayani pengiriman barang dari dan ke wilayah tersebut.

Selain itu, pada masa pandemi Covid-19 kebutuhan masyarakat untuk kirim hari ini besok sampai pun semakin meningkat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LION Parcel Vaksin Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top