Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenparekraf Siapkan 200 Desa Wisata Dukung Wisata Labuan Bajo

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meyakini keberadaan desa pariwisata akan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  14:37 WIB
Sejumlah kapal siap bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/10/2018). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Sejumlah kapal siap bersandar di Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/10/2018). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempersiapkan 200 desa wisata di Manggarai Barat untuk mendukung destinasi pariwisata super prioritas (DSP) di Labuan Bajo.

"Tadi saat tiba di Desa Pasir Panjang di Pulau Rinca, saya sempat melihat langsung salah satu tarian animal pop Komodo yang menjadi ikon bagi desa di sini yang dapat mendukung potensi desa wisata di sini," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Labuan Bajo, dikutip dari Antara, Jumat (8/1/2021).

Menurutnya, kemajuan desa pariwisata harus melibatkan masyarakat dan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat di desa pariwisata itu sendiri.

Lebih lanjut, destinasi super prioritas di Labuan Bajo juga harus mampu hadir untuk memberdayakan masyarakat dan desa wisata merupakan konsep yang sangat relevan untuk menggerakan ekonomi rakyat.

Ia menambahkan diperlukan ada penambahan pembangunan di desa yang dikunjungi dalam mendukung desa wisata, mulai dari tarian animal pop yang yang ditambah kearifan lokalnya.

"Kalau untuk animal pop komodonya saya usul lebih banyak kearifan lokalnya kemudian nanti akan saya undang untuk tampil di Monas," ujar dia.

Kunjungan Sandiaga ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur merupakan yang pertama kalinya sejak dilantik sebagai Menparekraf. Kunjungan kerjanya tersebut dimulai dari Kamis hingga Jumat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata sandiaga uno labuan bajo

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top