Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

FPU Jangkrik Siap Tampung Gas dari Lapangan Merakes

Modul utama untuk memodifikasi FPU Jangkrik telah dikirimkan pada Rabu (30/12/2020).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  13:15 WIB
Pekerja melintas di depan kapal Floating Production Unit (FPU) Jangkrik sebelum upacara penamaan di Saipem Karimun Yard, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Selasa (21/3). - Antara/M Agung Rajasa
Pekerja melintas di depan kapal Floating Production Unit (FPU) Jangkrik sebelum upacara penamaan di Saipem Karimun Yard, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Selasa (21/3). - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA — Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi menyebutkan floating production unit Jangkrik siap untuk menampung gas dari lapangan Merakes.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan bahwa modul utama untuk memodifikasi FPU Jangkrik telah dikirimkan pada Rabu (30/12/2020) terdiri atas lima modul utama dengan berat total kurang lebih 1.500 ton.

Julius menambahkan, kelima modul itu ditargetkan akan dipasang saat penghentian sementara FPU Jangkring pada pertengahan Januari 2021.

"Kami upayakan pemasangan juga berjalan tepat waktu sehingga target start-up gas dari lapangan Merakes dapat terlaksana pada kuartal I/2020," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (31/12/2020).

Lapangan Merakes akan dikembangkan dengan memanfaaatkan kemampuan operasional dan kapasitas produksi FPU Jangkrik yang tersisa dengan konsep melakukan penyambungan jalur bawah laut ke FPU Jangkrik yang mengolah gas dan kondensat dari lima sumur produksi.

Gas dan kondensat yang telah diolah kemudian dikirim dari FPU Jangkrik melalui pipa ekspor bawah laut ke onshore receiving facility Jangkrik dan dialirkan ke sistem perpipaan gas di Kalimantan Timur.

Gas dari Lapangan Merakes akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan suplai gas di pabrik gas Bontang untuk kebutuhan domestik seperti Pupuk Kaltim, PLN, dan Badak LNG.

"Sementara sebagaimana diketahui bersama bahwa pasokan gas di Kalimantan Timur sedang mengalami penurunan produksi sehingga kita memerlukan sumber suplai gas yang baru. Untuk itu, adanya suplai gas baru dari Lapangan Merakes diharapkan akan membantu meningkatkan produksi gas baik secara lokal maupun nasional," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak bumi lapangan jangkrik
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top