Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Fakta Menarik Lapangan Jangkrik, Muara Bakau

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, mewakili Presiden Joko Widodo, meresmikan fasilitas produksi gas Lapangan Jangkrik pada Selasa (31/10).
Pekerja melintas di depan kapal Floating Production Unit (FPU) Jangkrik sebelum upacara penamaan di Saipem Karimun Yard, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Selasa (21/3)./Antara-M Agung Rajasa
Pekerja melintas di depan kapal Floating Production Unit (FPU) Jangkrik sebelum upacara penamaan di Saipem Karimun Yard, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Selasa (21/3)./Antara-M Agung Rajasa

Bisnis.com, KUTAI KARTANEGARA — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, mewakili Presiden Joko Widodo, meresmikan fasilitas produksi gas Lapangan Jangkrik pada Selasa (31/10).

Fasilitas pemrosesan migas terapung (floating processing unit/FPU) Lapangan Jangkrik, Blok Muara Bakau dioperatori oleh Eni Muara Bakau BV.

Jonan meresmikan FPU Jangkrik di area Fasilitas Penerimaan Darat (onshore receiving facility/ORF) milik Eni Muara Bakau, di Kelurahan Handil Baru, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Proyek lapangan gas yang menelan investasi US$4,3 miliar memiliki 10 fakta menarik. Berikut ini fakta-fakta tersebut.

 

1. Dari rencana waktu pembangunan Lapangan Jangkrik selama 4 tahun, proyek selesai hanya dalam waktu 3,5 tahun. Ini menghemat biaya hingga US$400 juta.

2. Penyaluran produksi dari lapangan ini telah dapat meningkatkan utilitas dari fasilitas LNG Bontang. Hal ini meningkatkan penyediaan energi yang lebih efektif dan efisien.

3. Produksi gas dari Jangkrik akan memasok LNG ke pasar domestik dan juga pasar ekspor sehingga memberikan kontribusi yang  signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan energi Indonesia.

4. Proyek ini mencakup Lapangan Jangkrik dan Jangkrik North East yang terletak di Blok Muara Bakau, Cekungan Kutei, di perairan laut dalam Selat Makassar, sekitar 70 km dari garis pantai Kalimantan Timur.

5. Produksi itu dihasilkan melalui sepuluh sumur bawah laut yang terhubung dengan FPU Jangkrik  dan telah mencapai 600 juta kaki kubik per hari (MMscfd) atau setara dengan 100.000 barel setara minyak per hari (boed). Menurut Kepala SKK Migas Amin Sunaryadi, produksi harian tersebut lebih tinggi dsri target awal 450 MMscfd.

6. Proyek ini sangat signifikan untuk menambah pasokan gas dalam negeri dan memenuhi target lifting gas bumi pada 2017 sebesar 1,15 juta barrel setara minyak per hari (boed), dan 2018 sebesar 1,2 juta boed. Pemerintah menargetkan peningkatan penggunaan gas di dalam negeri. Pada 2017 alokasi gas di dalam negeri sebesar 62%.

7. Proyek pengembangan Lapangan Gas Jangkrik juga telah menciptakan dampak berantai (multiplier effect) yang cukup besar seperti pabrikasi fasilitas pengolahan yang telah dikerjakan di Karimun, dan penyerapan tenaga kerja. Terdapat 1.000 lebih tenaga kerja selama fase proyek dengan 94,5 % di antaranya adalah tenaga kerja Indonesia.

8. ENI resmi menjadi operator Blok Muara Bakau pada 2002. Penemuan cadangan gas pertama terjadi pada tahun 2009 di Sumur Jangkrik-1. Berjarak sekitar 20 km dari Lapangan Jangkrik pada blok yang sama terdapat sumur Jangkrik North East yang ditemukan pada 2011 dan kemudian diintegrasikan dalam satu rencana pengembangan lapangan (PoD).

9. Proyek Jangkrik merupakan pengembangan cekungan Kutei dengan kedalaman air mencapai 400 meter. Selain ENI Muara Bakau yang menguasai 55%, juga bekerja sama dengan ENGIE (33%) dan PT Saka Energi Muara Bakau (11,7%).

10. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten Kutai Kartanegara mendapatkan porsi bagi hasil gas sebesar 10%. Namun, keduanya masih belum sepakat porsi pembagian dari jatah tersebut. Kaltim menginginkan 65%, sedangkan Kutai minta pembagian sama rata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hery Trianto
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper