Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Reshuffle Kabinet Jokowi, Kadin: Pemulihan Usaha Lebih Cepat

Kadin menilai langkah reshuffle kabinet Jokowi bisa menjadi pendorong pemulihan dunia usaha lebih cepat, melihat beberapa tokoh yang dipilih.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  16:51 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait vaksin Covid/19 di Istana Merdeka, Rabu, 16 Desember 2020 / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait vaksin Covid/19 di Istana Merdeka, Rabu, 16 Desember 2020 / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Langkah reshuffle menteri di Kabinet Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin disambut baik oleh dunia usaha.

Menteri-menteri baru yang ditunjuk -- khususnya Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif -- dinilai mencukupi syarat untuk mendukung upaya pemerintah melakukan percepatan ekonomi tahun depan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani mengatakan latar belakang yang dimiliki oleh figur baru yang menduduki posisi sebagai Menteri Kesehatan, Perdagangan, dan Pariwisata di dunia usaha dan politik menjadi faktor utama yang dilihat oleh pelaku usaha sebagai titik terang.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menunjuk enam menteri baru, antara lain; Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan; M. Luthfi Menteri Perdagangan; Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Tri Rismaharini Menteri Sosial; Yahya Kholil Menteri Agama; dan, Satrio Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Dengan susunan baru ini, akselerasi ekonomi akan terjadi dengan lebih cepat. Soalnya, menteri-menteri baru, terutama yang berurusan dengan dunia usaha, sangat memahami dunia usaha sekaligus dunia pemerintahan," ujar Rosan kepada Bisnis.com, Selasa (22/12/2020).

Dia mencontohkan, penunjukkan Sandiaga Uno sebagai Menparekraf merupakan langkah yang tepat mengingat latar belakang Sandiaga di sektor terkait serta pengalamannya di dunia pemerintahan.

Posisi Sandiaga sebagai Menparekraf dinilai vital di tengah parahnya dampak pandemi Covid-19 ke sektor pariwisata.

Selain itu, lanjut Rosan, kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dan dunia usaha diharapkan menjadi lebih baik ke depannya mengingat relasi antara menteri-menteri yang ditunjuk untuk memulihkan dunia usaha dan pelaku usaha sudah terjalin erat sejak lama.

"Tentunya, dunia usaha akan lebih berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah. Mengingat latar belakang hubungan antara menteri-menteri ditunjuk dan pelaku usaha sudah terbangun dengan baik," sambung Rosan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kadin
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top