Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Targetkan 12 Proyek Strategis Nasional Selesai Tahun Ini

Dalam sisa beberapa minggu di penghujung 2020, KPPIP akan terus mendorong penyelesaian satu proyek lagi.
Suasana di Bendungan Rajui, Aceh, Sabtu (22/2/2020). Bendungan ini berkapasitas 2,67 juta meter kubik untuk mengairi areal persawahan seluas 1.000 hektare yang berlokasi di Kabupaten Pidie yang telah diselesaikan pembangunannya pada 2016. Kementerian PUPR menargetkan delapan bendungan yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN)  dapat rampung pada 2020. Bisnis-Agne Yasa.
Suasana di Bendungan Rajui, Aceh, Sabtu (22/2/2020). Bendungan ini berkapasitas 2,67 juta meter kubik untuk mengairi areal persawahan seluas 1.000 hektare yang berlokasi di Kabupaten Pidie yang telah diselesaikan pembangunannya pada 2016. Kementerian PUPR menargetkan delapan bendungan yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN) dapat rampung pada 2020. Bisnis-Agne Yasa.

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menargetkan 12 proyek strategis nasional (PSN) akan selesai pada tahun ini.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang selaku Ketua Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo mengatakan hingga November 2020 KPPIP telah menyelesaikan 11 PSN senilai Rp135,2 triliun.

Dalam sisa beberapa minggu di penghujung 2020, KPPIP akan terus mendorong penyelesaian satu proyek lagi.

"Kami coba tetap mendorong adanya penambahan di 3 minggu terakhir ini, kami coba agar ada 12 PSN bisa selesai di 2020," katanya, Selasa (9/12/2020).

Selain penyelesaian 11 PSN, Wahyu mengatakan KPPIP juga berhasil mendorong enam proyek melewati tahap penyiapan sepanjang tahun ini, termasuk Jalan Tol Yogyakarta – Bawen dan Penambahan Lingkup Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Kulon Progo.

Menurutnya, hal ini merupakan pencapaian positif pemerintah dalam menyelesaikan PSN di tengah pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, pemerintah kembali melakukan revisi daftar PSN, ditetapkan sebanyak 201 proyek dan 10 program terbaru dengan total nilai investasi Rp4.817,7 triliun, tertuang dalam Perpres No. 109/2020.

Jumlah tersebut merupakan hasil evaluasi KPPIP dari sebanyak 269 usulan proyek dari sejumlah Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMN, dan Badan Usaha Swasta dan PSN eksisting dalam Perpres No. 56/2018.

Untuk 2021, dia mengatakan Kemenko bidang Perekonomian akan melanjutkan percepatan penyediaan PSN dengan harapan dapat mendorong perekonomian melalui peningkatan investasi, penyerapan tenaga kerja, serta pemulihan industri dan pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper