Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapan Sektor Otomotif Serap Tenaga Kerja Lagi? Ini Kata Gaikindo

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) akan kembali menyerap tenaga kerja sejalan dengan angka penjualan dan produksi.
Ketua Gaikindo Jongkie Sugiarto. /Bisnis
Ketua Gaikindo Jongkie Sugiarto. /Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menuturkan pelaku usaha akan kembali menyerap tenaga kerja sejalan dengan angka penjualan dan produksi.

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto mengatakan bahwa industri berharap agar pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat segera pulih ke angka positif, bahkan pada 2021 bisa kembali mendekati angka 5 persen.

“Karena, dengan begitu maka penjualan otomotif dapat kembali ke angka-angka normal, yakni sekitar 90.000 unit per bulan. Kalau bisa dicapai maka produksi mobil dan komponen, serta penyerapan tenaga kerja tentu bisa normal kembali,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (8/12/2020).

Jongkie pun tidak bisa mengatakan berapa realisasi terhadap penyerapan tenaga kerja pada 2021. Namun, dia menjelaskan bahwa hal tersebut akan sejalan dengan angka penjualan dan produksi.

“Saat ini penjualan dan produksi kendaraan bermotor ada di kisaran 50 persen dibandingkan dengan pada 2019. Memang dari bulan ke bulan ada kenaikan tetapi agak lambat, karena daya beli masyarakat masih lemah,” katanya.

Namun, dia memprediksi penjualan mobil pada 2021 akan mengalami kenaikan lebih dari 50 persen dibanding tahun ini. Kenaikan ini seiring dengan kembali membaiknya perekonomian dalam negeri yang ditargetkan pemerintah bisa tumbuh mendekati 5 persen tahun depan.

“Jumlah mobil yang akan terjual pada 2021 bisa mencapai 750.000 unit dan proyeksi ekonomi positif dan target pemerintah yang bisa mencapai 3—5 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa produsen otomotif optimis lantaran dengan rencana ketersediaan vaksin di dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper