Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Jawa Barat Incar Cuan dari Pelabuhan Patimban

Pemprov Jawa Barat mengincar cuan berupa retribusi yang tinggi dari aktivitas pengelolaan Pelabuhan Patimban, salah satunya dengan berjalannya ekspor dan impor.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  16:35 WIB
Suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020).  - Bisnis/Rinaldi M. Azka
Suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). - Bisnis/Rinaldi M. Azka

Bisnis.com, SUBANG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengharapkan adanya retribusi yang tinggi dari aktivitas pengelolaan Pelabuhan Patimban. Pasalnya, selama ini industri di Jawa Barat tidak menghasilkan retribusi karena Pelabuhan Tanjung Priok yang digunakan.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meyakini Pemprov Jabar akan mendapatkan cuan dari aktivitas ekspor dan impor di Pelabuhan Patimban.

"Kami juga yakin dengan berjalannya ekspor dan impor atau keluar masuknya kendaraan, kami pun Pemprov mendapat retribusi," jelasnya saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Patimban, Kamis (3/12/2020).

Dia menjelaskan selama ini produk-produk Jawa Barat yang diekspor atau mengimpor bahan bakunya hampir 40 persen selalu melalui Pelabuhan Tanjung Priok yang ada di DKI Jakarta. Otomatis pendapatan daerahnya pun didapatkan pihak Ibu Kota.

Dengan demikian, Pelabuhan Patimban akan mendatangkan pendapatan melalui pajak daerah bagi pemprov Jabar.

"Hari ini akan dimulai uangnya nanti akan masuk ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami akan dapat duit dari operasionalnya Patimban," ungkapnya.

Menurutnya, Jawa Barat sudah merasakan manfaat langsung dari pembangunan Pelabuhan Patimban. Efek dominonya pun sudah dirasakan dari keberadaan pelabuhan tersebut.

"Kami yakin dengan adanya Patimban, ini akan memberikan manfaat buat masyarakat. Barusan saja kami berbincang-bincang, baru seperti ini masyarakat sudah menikmati," urainya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan jawa barat pelabuhan patimban
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top