Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Obral 6 Terminal Tipe A yang Baru Dipermak ke Investor

Kondisi pelayanan jasa transportasi khususnya pelayanan terminal angkutan jalan di berbagai daerah sampai saat ini masih belum optimal,
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  22:13 WIB
Warga melintas di Terminal Bus Manggarai, Jakarta, Rabu (12/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Warga melintas di Terminal Bus Manggarai, Jakarta, Rabu (12/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah 6 terminal tipe A telah selesai direvitalisasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kini, pemerintah tengah mencari investor yang dapat berkolaborasi mengisi penggunaan lahan kosong di terminal tersebut.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Kemenhub Risal Wasal mengungkapkan sejumlah 6 terminal tipe A sudah rampung dibuat, yakni Terminal Anak Air, Padang; Guntur Melati, Garut; Mangkang, Semarang; Bulupitu, Purwokerto; dan Entrop, Jayapura.

"Konsep pengembangan terminal tipe A dengan memperhatikan peluang objek yang bisa dikerjasamakan dan pola kerja sama. Pemaparan peluang dan konsultasi bisnis, kami lakukan dari sana, menghitung nilai dan pola kerja sama bagi calon investor," jelasnya, Selasa (1/12/2020).

Dia berharap para investor dapat mengisi peluang dari terminal-terminal tipe A yang sudah selesai ditingkatkan kualitasnya oleh Kemenhub.

Pihaknya juga berharap hadirnya terminal-terminal ini dapat membantu pemulihan ekonomi yang dapat diwujudkan pada 2021.

Risal menargetkan terminal-terminal ini pun dapat beroperasi pada musim puncak Angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Kami berharap terminal sudah berfungsi, dalam waktu dekat terminal akan ramai dan difungsikan terutama terminal tipe A Mangkang," ujarnya.

Saat ini, kondisi pelayanan jasa transportasi khususnya pelayanan terminal angkutan jalan di berbagai daerah sampai saat ini masih belum optimal, untuk itu melalui amanat Undang-Undang No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pemerintah pusat akan bersinergi dengan Daerah untuk terus memperbaiki dan membenahi pelayanan terminal sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengguna transportasi.

Adapun, Kemenhub tidak ingin terminal hanya diisi sebagai tempat naik turun penumpang saja. Lebih daripada itu, terminal dapat menjadi pusat aktivitas bisnis dan gaya hidup dengan fungsinya yang dikolaborasikan dengan berbagai fungsi lain, seperti pusat keramaian dan leisure.

Di sisi lain, Kemenhub berupaya meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan serta meningkatkan kualitas pelayanan melalui pembangunan dan di antaranya revitalisasi terminal penumpang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub terminal
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top