Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pindad Bagi-bagi Ventilator ke RS di Gorontalo

Pindad membagikan ventilator produksinya kepada sejumlah rumah sakit di Provinsi Gorontalo untuk penanggulangan Covid-19. Saat ini, Pindad telah memproduksi dua varian ventilator, yaitu VRM dan Covent-20.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  04:00 WIB
Pindad menunjukkan ventilator produksinya. Produk ventilator buatan Pindad tersebut telah tersertifikasi Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK).  - PINDAD
Pindad menunjukkan ventilator produksinya. Produk ventilator buatan Pindad tersebut telah tersertifikasi Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK). - PINDAD

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pindad (Persero) membagikan ventilator produksinya kepada sejumlah rumah sakit di Provinsi Gorontalo untuk penanggulangan Covid-19.

Saat ini, Pindad telah memproduksi dua varian ventilator, yaitu Pindad VRM dan Pindad Covent-20, yang merupakan hasil kolaborasi dengan Universitas Indonesia. Produk ventilator buatan Pindad tersebut telah tersertifikasi Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK).

"Bapak ibu tidak perlu khawatir, ventilator kami sudah melalui serangkaian proses dan sudah tersertifikasi BPFK," kata Abraham Mose, Direktur Utama PT Pindad (Persero) dalam keterangan pers, Senin (30/11/2020).

Awalnya, Pindad yang memiliki produk utama senjata, munisi dan kendaraan tempur, sempat diragukan untuk memproduksi produk medis terutama ventilator. Akan tetapi, pada akhirnya kedua produk ventilator tersebut menjadi bukti kompetensi BUMN pabrikan itu.

Penyerahan produk ventilator Pindad secara simbolis diserahkan Dirut Pindad kepada Ketua Umum Lamahu Abdul Haris Bobihu di Gedung Nusantara V MPR RI pada Minggu (29/11/2020). Lemahu adalah organisasi paguyuban masyarakat perantauan Gorontalo di Jabodetabek.

"Pada pertemuan virtual sebelumnya, kami sudah mengetahui bahwa Pindad turut memberikan sumbangsih pada pandemi Covid-19 dengan menciptakan ventilator. Kami turut bangga, Dirut Pindad sebagai Putra Gorontalo terpanggil untuk aksi kemanusiaan," kata Abdul Haris.

Abraham berjanji untuk memberikan lebih banyak ventilator terhadap rumah sakit di Gorontalo setelah berbagai masukan di Mubes Lamahu. Selain ventilator, Pindad juga telah mengembangkan bilik disinfektan bergerak (mobile sterilization chamber) dan kanon semprot disinfektan yang bersifat mobile.

Berikut produk Pindad untuk memerangi Covid-19:

  • Ventilator Pindad VRM

Pindad VRM dirancang dan dikembangkan bersama tim ahli medis dari RSU Pindad sebagai solusi alternatif terhadap kekurangan ventilator dalam menangani pasien Covid-19. Pindad VRM memiliki desain dan operasi sederhana, menggunakan komponen dan bahan baku lokal yang banyak tersedia di pasaran serta memenuhi kriteria minimum medis yang diperlukan (tidal volume, frekuensi pernapasan, dan lain-lain). Pindad VRM telah mendapatkan sertifikasi kelaikan alat ke Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK).

  • Ventilator Covent-20

Covent-20 adalah ventilator darurat dan transportasi dengan siklus waktu dan volume konstan yang dirancang untuk digunakan dalam pengaturan pra-rumah sakit, intra-rumah sakit, antarrumah sakit dan transportasi. Ventilator ini khusus digunakan untuk pasien dewasa dengan volume tidal dari 300 ml sampai dengan 600 ml yang berada dalam pernapasan spontan atau gangguan atau gagal pernafasan sehigga memerlukan dukungan ventilasi. Terdapat dua mode ventilasi pada Covent-20 yaitu CPAP (Oksigen terapi) dan CMV (pasien gagal nafas).

  • Disinfectant Fog Cannon

Disinfectant fog cannon merupakan penembak disinfektan bermesin yang diterapkan pada kendaraan bermotor. Tersedia dalam 3 ukuran yakni besar (volume tanki 1.000 L, diameter 900 mm, penggerak motor bensin), sedang (volume tanki 1.000 L, diameter 700 mm, penggerak elektrik) dan kecil (volume tanki 200 L, diameter 450 mm, penggerak elektrik). Cannon berukuran sedang yang diangkut menggunakan truk dapat menembakkan disinfektan dengan jangkauan jarak sejauh 10 m.

Pindad telah menggunakan alat ini bekerja sama dengan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung untuk melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai titik Kota Bandung.

  • Mobile Sterilization Chamber Covid-19

Bilik disinfektan bergerak merupakan ruang sterilisasi yang menyemprotkan uap disinfektan ke seluruh tubuh untuk sterilisasi dari virus dan bakteri. Sterilization Chamber Pindad tidak menggunakan bahan berbahaya, nonalcohol, toxic free dan PH Netral sehingga aman dan sesuai anjuran WHO. Alat ini diciptakan karena kekahwatiran WHO Indonesia terkait bahan karsiogenik, chamber ini mengggunakan desinfektan yang ramah lingkungan sehingga penggunaan chamber harus tetap dilanjutkan debagai bagian dari pencegahan Covid-19.

  • Cairan Disinfektan & Perlengkapan APD

Cairan disinfektan ramah lingkungan dan perlengkapan APD diproduksi oleh anak perusahaan PT Pindad Enjiniring Indonesia (PT PEI). Cairan disinfektan ini telah mendapatkan izin WHO, adapun perlengkapan APD mencakaup baju APD, helm face shield, dan kacamata untuk mendukung keperluan medis dalam menangani pasien Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pindad apd Ventilator
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top