Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gandeng Bintang Toedjoe, YDBA Bina Petani Jahe Merah di Banten

Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) meresmikan program pembinaan sentra jahe merah yang melibatkan 30 petani di Desa Hariang, Lebak, Banten, menyusul komitmen PT Bintang Toedjoe untuk membeli komoditas bahan baku jamu tersebut.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 20 November 2020  |  16:20 WIB
Gandeng Bintang Toedjoe, YDBA Bina Petani Jahe Merah di Banten
Jahe Merah. Komoditas jahe merah memiliki permintaan kuat di pasar domestik maupun di pasar global. Jahe merah menjadi komoditas penting untuk bahan dasar pembuatan makanan, jamu, maupun obat herbal lainnya. - ANTARANEWS
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) meresmikan program pembinaan sentra jahe merah yang melibatkan 30 petani di Desa Hariang, Lebak, Banten, menyusul komitmen PT Bintang Toedjoe untuk membeli komoditas bahan baku jamu tersebut.

Hadir pula dalam acara, yaitu Camat Sobang Kabupaten Lebak, Banten H. Rosyid, S. IP., Kapolsek Sobang AKP Saeful Bahri, Danposmil Sobang Serka Apid, Sekretaris Pengurus YDBA Ida R. M. Sigalingging dan Bendahara Pengurus YDBA Handoko Pranoto dan UMKM Pilot Binaan YDBA Hendra.

Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala mengatakan peresmian program pembinaan ini dilakukan sebagai komitmen YDBA dalam berkontribusi menjadikan petani jahe merah mandiri, naik kelas, hingga siap memasarkan produknya ke kancah internasional.

"Ini juga diselenggarakan untuk menjaga dan meningkatkan semangat UMKM agar terus konsisten menjalankan program-program yang mendukung peningkatan wawasan maupun keterampilan dalam menghasilkan produk sesuai dengan standar quality, cost and delivery (QCD)," kata Sigit dalam keterangan pers YDBA, Jumat (20/11/2020)

Peresmian ditandai dengan penandatanganan komitmen oleh Kepala Departemen Planning & Development YDBA Edison Monoarfa, Kepala Desa Hariang Rapei, dan UMKM Pilot Binaan YDBA Atim, yang disaksikan secara virtual oleh Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Lebak Rahmat Yuniar, Head of BINA PT Bintang Toedjoe Sari Pramadiyanti, dan Head of Environment and Social Responsibility Division PT Astra International Tbk Diah Suran Febrianti.

"Ke depan kami berharap program pembinaan ini dapat lebih banyak melibatkan petani lainnya, sehingga akan lebih banyak petani yang dapat mandiri dan naik kelas," kata Sigit.

Sebelumnya, pada Selasa (1/9/2020), YDBA bersama PT Bintang Toedjoe (Kalbe Group) telah berkomitmen dengan menandatangani naskah kesepahaman terkait dengan pembinaan dan pemasaran produk jahe merah yang dihasilkan oleh petani binaan YDBA di Desa Hariang, Kabupaten Lebak, Banten.

Dalam komitmen tersebut, PT Bintang Toedjoe memberikan pelatihan teknis dan membeli produk petani sesuai dengan standar QCD yang ditetapkan, sedangkan YDBA memastikan petani tersebut menghasilkan produk yang sesuai QCD dengan melakukan pembinaan secara manajerial dan memonitoring kegiatan petani secara rutin.

Pembinaan yang telah dilakukan sampai saat ini adalah pelatihan mentalitas dasar, pelatihan dan pendampingan pembukuan sederhana, pelatihan teknis budidaya jahe merah, dan pelatihan penanaman jahe merah.

Komoditas jahe merah memiliki potensi permintaan terbuka baik di pasar nasional maupun di pasar global. Seiring dengan makin berkembangnya industri makanan, minuman, dan jamu, jahe merah menjadi komoditas penting yang dibutuhkan sebagai bahan dasar pembuatan makanan, jamu maupun obat herbal lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ydba astra jahe PT Bintang Toedjoe
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top