Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lelang Proyek Jembatan Batam-Bintan Dilaksanakan Awal 2021

Proyek jembatan yang menghubungkan dua pulau utama di Kepulauan Riau itu belum memasuki proses lelang.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 17 November 2020  |  16:52 WIB
Ilustrasi: Jembatan Tengku Fisabilillah atau dikenal dengan Jembatan Barelang terlihat dari udara di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4/2017). - JIBI/Dwi Prasetya
Ilustrasi: Jembatan Tengku Fisabilillah atau dikenal dengan Jembatan Barelang terlihat dari udara di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4/2017). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha jembatan Batam—Bintan akan mulai tahapan lelang awal tahun depan.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Eko D. Heripoerwanto menjelaskan bahwa proyek jembatan yang menghubungkan dua pulau utama di Kepulauan Riau itu belum memasuki proses lelang.

"Saat ini belum proses tahapan lelang. Kami harapkan prakualifikasi proyek jembatan Batam—Bintan ini bisa dilangsungkan Januari 2021," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (17/11/2020).

Sebelumnya, pada 14 September 2020, saat rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR, Eko memaparkan bahwa proyek jembatan Batam—Bintan (Babin) masuk dalam rencana proyek KPBU tahun anggaran 2021, dari total 13 proyek KPBU kategori jalan dan jembatan yang akan dilaksanakan tahun depan.

Proyek ini masuk kategori solicited atau atas prakarsa pemerintah dengan perkiraan nilai investasi mencapai Rp8,8 triliun.

Sebelumnya, seperti dilansir dari Antara, Pjs. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin memastikan pembangunan jembatan Batam—Bintan (Babin) dimulai pada awal 2021.

Dia mengatakan bahwa proyek tersebut akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggunakan dana APBN sekitar Rp8,6 triliun.

"Dari APBD Provinsi Kepri juga ada. Khusus untuk pengadaan lahan," kata Bahtiar di Tanjungpinang, Kepri, Selasa (17/11/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam jembatan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top