Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Disiplin Uji, LSP Poliban Bertekat Cetak SDM Siap Kerja di Industri

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan bertekat mencetak sumberdaya manusia kompeten siap kerja di industri.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 November 2020  |  14:25 WIB
Aktivitas praktik di Politeknik Negeri Banjarmasin.  - Antaranews
Aktivitas praktik di Politeknik Negeri Banjarmasin. - Antaranews

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan bertekat mencetak sumberdaya manusia kompeten siap kerja di industri.

"Alumni Poliban dipastikan memegang sertifikasi profesi, hingga dipastikan berkompeten untuk terjun di industri," ujar Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Poliban, Darmansyah MT, Kamis (12/11/2020).

Menurut dia, LSP Poliban tidak main-main dalam mengeluarkan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa yang memasuki masa akhir pendidikkan, karena menjaga kualitas alumni yang terpercaya di dunia industri.

Sebagaimana dicontohkan Darmansyah, pada uji kompetensi pada tahun ini yang melibatkan peserta 798 orang mahasiswa yang segera menjadi sarjana, hanya 590 orang di antaranya yang berhasil lolos dapat sertifikat kompetensi, yang lainnya harus mengulang.

"Kalau mereka kompeten kami nyatakan kompeten, kalau tidak, ya tidak, kami ketat untuk itu," tegasnya. Sebab, dalam uji kompetensi ini pihaknya pun melibatkan juga dari pihak industri agar SDM yang diberi sertifikat profesi sesuai kualitas yang diinginkan dalam industri.

Oleh karena itu, katanya, pada tracer study atau studi rekam jejak alumni setelah lulus dari perguruan tinggi ini cukup memuaskan dengan sekitar 70 persen lebih dapat bekerja langsung di industri, khususnya diambil perusahaan swasta.

"Masa tunggu dapat kerjanya rata-rata sekitar tiga bulan setelah lulus, dan persentasinya sekitar 75 persen juga selaras pendidikan profesionalnya," tutur Darmansyah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lsp politeknik

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top