Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Chatib Basri Bagikan Tips Inovasi Penting bagi Dunia Usaha di Masa Pandemi

Ekonom senior dari Bank Indonesia mengungkapkan dunia usaha yang bisa menyediakan aktivitas yang bisa private dilakukan orang akan sangat menjual saat ini. Berikut ini penjelasannya.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 11 November 2020  |  15:28 WIB
Chairman of Advisory Board Mandiri Institute M. Chatib Basri memberikan kata sambutan di sela-sela penandatanganan kerja sama di Jakarta, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Chairman of Advisory Board Mandiri Institute M. Chatib Basri memberikan kata sambutan di sela-sela penandatanganan kerja sama di Jakarta, Rabu (6/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom Senior Chatib Basri menilai dunia usaha yang akan bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19 adalah mereka yang bisa melakukan inovasi dan bertransformasi ke arah digital.

Chatib menyoroti, terdapat perubahan perilaku yang menarik di masyarakat. Di tangah pandemi, menurutnya, masyarakat terlihat enggan menggunakan transportasi publik karena masih berisiko tertular Covid-19.

Alternatifnya, orang-orang tetap bepergian, bahkan berlibur, tetapi menggunakan kendaraan pribadi dan mencari tempat penginapan yang tidak didatangi banyak orang.

Artinya, aktivitas yang bisa dilakukan secara private, akan tetap dilakukan masyarakat. Serhingga, hal ini bisa diterapkan oleh dunia usaha, misalnya pada restoran, yang juga sangat terpukul karena pandemi Covid-10.

"Aktivitas yang bisa private tetap akan dilakukan orang. Restoran, kalau punya private room akan didatangi orang. Dunia usaha bisa mengakali penerapan sosial distancing ini, sehingga inovasi sangat penting," katanya dalam Webinar Economic Outlook 2021 : Menebak Arah Ekonomi 2021, Peluang, dan Tantangan, Rabu (11/11/2020).

Di samping itu, Chatib mengatakan, tidak semua sektor usaha mengalami dampak yang negatif karena pandemi ini, misalnya saja sektor informasi dan teknologi.

Oleh karena itu, dunia usaha juga harus bisa bertransformasi ke arah digital. "Yang bisa bertahan, mereka yang bisa transformasi ke digital ekonomi," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chatib basri dunia usaha Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top