Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yogyakarta Bakal Kembangkan Wisata Sepeda, Ini Konsepnya

Pemkot Yogyakarta akan mengembangkan wisata sepeda yang bekerja sama dengan pihak hotel setempat untuk menarik wisatawan selama pandemi.
Andong di Malioboro Yogyakarta/Istimewa
Andong di Malioboro Yogyakarta/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Wisata sepeda bakal menjadi salah satu andalan di Kota Yogyakarta untuk menarik wisatawan selama masa pandemi Covid-19.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan telah melakukan kerja sama dengan pelaku usaha perhotelan untuk mengenalkan potensi wilayah di sekitar hotel dengan menyiapkan rute wisata sepeda.

“Sedang dikaji, apakah memungkinkan hotel di Kota Yogyakarta memiliki rute wisata sepeda, paling tidak rutenya berada di wilayah sekitar hotel sehingga potensi wilayah pun terangkat,” kata Haryadi, Sabtu (31/10/2020).

Dia menuturkan pihak hotel akan merekomendasikan jalur wisata sepeda tersebut kepada tamu yang menginap, sehingga tamu atau wisatawan pun mengenal kampung di sekitar hotel.

“Tidak perlu terlalu jauh, cukup dua sampai tiga kilometer. Saya kira, banyak hotel yang berada di wilayah yang cukup strategis sehingga hal ini sangat mungkin diwujudkan,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Haryadi, berbagai potensi yang dimiliki kampung pun bisa terangkat dan dikenal lebih luas oleh wisatawan. Misalnya, potensi wisata budaya hingga wisata kuliner.

“Ini sebagai bagian dari dukungan pelaku usaha hotel untuk mengapresiasi wilayah di sekitar tempat mereka berusaha. Semacam CSR,” katanya.

Saat ini Pemkot Yogyakarta sudah memiliki lima rute wisata sepeda yang masing-masing memiliki tema, keunikan, dan daya tarik tersendiri. Wisatawan akan diajak untuk melihat secara langsung kehidupan masyarakat di sejumlah perkampungan di kota wisata tersebut.

Kelima rute wisata sepeda tersebut dapat diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Namun demikian, Haryadi mengingatkan bahwa pengembangan pariwisata di Kota Yogyakarta tetap harus didasarkan pada pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper