Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Yogyakarta Bakal Kembangkan Wisata Sepeda, Ini Konsepnya

Pemkot Yogyakarta akan mengembangkan wisata sepeda yang bekerja sama dengan pihak hotel setempat untuk menarik wisatawan selama pandemi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Oktober 2020  |  12:32 WIB
Andong di Malioboro Yogyakarta - Istimewa
Andong di Malioboro Yogyakarta - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Wisata sepeda bakal menjadi salah satu andalan di Kota Yogyakarta untuk menarik wisatawan selama masa pandemi Covid-19.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan telah melakukan kerja sama dengan pelaku usaha perhotelan untuk mengenalkan potensi wilayah di sekitar hotel dengan menyiapkan rute wisata sepeda.

“Sedang dikaji, apakah memungkinkan hotel di Kota Yogyakarta memiliki rute wisata sepeda, paling tidak rutenya berada di wilayah sekitar hotel sehingga potensi wilayah pun terangkat,” kata Haryadi, Sabtu (31/10/2020).

Dia menuturkan pihak hotel akan merekomendasikan jalur wisata sepeda tersebut kepada tamu yang menginap, sehingga tamu atau wisatawan pun mengenal kampung di sekitar hotel.

“Tidak perlu terlalu jauh, cukup dua sampai tiga kilometer. Saya kira, banyak hotel yang berada di wilayah yang cukup strategis sehingga hal ini sangat mungkin diwujudkan,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Haryadi, berbagai potensi yang dimiliki kampung pun bisa terangkat dan dikenal lebih luas oleh wisatawan. Misalnya, potensi wisata budaya hingga wisata kuliner.

“Ini sebagai bagian dari dukungan pelaku usaha hotel untuk mengapresiasi wilayah di sekitar tempat mereka berusaha. Semacam CSR,” katanya.

Saat ini Pemkot Yogyakarta sudah memiliki lima rute wisata sepeda yang masing-masing memiliki tema, keunikan, dan daya tarik tersendiri. Wisatawan akan diajak untuk melihat secara langsung kehidupan masyarakat di sejumlah perkampungan di kota wisata tersebut.

Kelima rute wisata sepeda tersebut dapat diakses melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Namun demikian, Haryadi mengingatkan bahwa pengembangan pariwisata di Kota Yogyakarta tetap harus didasarkan pada pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata sepeda

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top