Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selama Pandemi Covid-19, Pelindo 1 Salurkan Dana Bantuan Rp12,3 Miliar

Hingga Oktober 2020, selama pandemi, Pelindo 1 telah menyalurkan total dana kemitraan dan bina lingkungan sebesar Rp 12,3 miliar dengan rincian Rp 5,8 miliar untuk program kemitraan dan Rp 6,5 miliar untuk bina lingkungan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  07:41 WIB
Pelindo I membagikan vitamin dan suplemen kepada pekerja operasionalnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemic virus corona. - Dok. istimewa
Pelindo I membagikan vitamin dan suplemen kepada pekerja operasionalnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemic virus corona. - Dok. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hingga Oktober 2020, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1  telah menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp12,3 miliar di tengah pandemi Covid-19.

Hingga Oktober 2020, Pelindo 1 telah menyalurkan total dana PKBL sebesar Rp 12,3 miliar dengan rincian Rp 5,8 miliar untuk program kemitraan dan Rp 6,5 miliar untuk bina lingkungan.

SVP Corporate Secretary Pelindo 1 Imron Eryandy mengungkapkan dana kemitraan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal untuk para pelaku usaha mikro dan kecil di berbagai sektor seperti industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa dan usaha lainnya.

“Pelindo 1 tidak hanya memberikan pinjaman dana saja yang diberikan kepada para pelaku UMKM, namun Pelindo 1 juga memberikan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi mitra binaan Pelindo 1 dalam menekuni bidangnya, memperkenalkan hasil karya para mitra binaan dan memperluas pangsa pasar mereka melalui digital marketing, terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” terangnya, Jumat (30/10/2020).

Adapun dana bina lingkungan disalurkan sebagai bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan dan atau latihan, peningkatan kesehatan, bantuan sarana dan prasarana umum, bantuan sarana ibadah, pelestarian alam, dan bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Penyaluran dana PKBL dilakukan di empat provinsi yang merupakan lingkup area operasional Pelindo 1 yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau melalui cabang-cabang Pelindo 1 di daerah bersangkutan.

Agusman, salah satu mitra binaan Pelindo 1 di Tanjung Pinang mengatakan bahwa dana pinjaman dari Pelindo 1 dimanfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya ke depan.

“Di tengah situasi pandemi ini, usaha yang saya lakukan juga terkena dampaknya. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pelindo 1, saya menerima bantuan dana kemitraan yang bisa digunakan untuk bantuan modal usaha saya,” ujar Agusman.

Untuk program Bina Lingkungan unggulan Pelindo 1 tahun 2019 - 2020 ini  beberapa diantaranya adalah pengembangan kampung wisata ramah anak di Lingkungan XII Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Medan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt pelindo i Covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top