Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Libur Panjang, Pertamina Pastikan Pasokan LPG, BBM, Avtur Aman

Pertamina menjamin aman pasokan BBM sepanjang cuti bersama atau libur panjang akhir bulan ini.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  20:42 WIB
Sejumlah pengemudi kendaraan mengisi BBM di salah satu SPBU yang dikelola Pertamina MOR II Sumbagsel. - Pertamina
Sejumlah pengemudi kendaraan mengisi BBM di salah satu SPBU yang dikelola Pertamina MOR II Sumbagsel. - Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan liquified natural gas, bahan bakar minyak, dan avtur pada level yang aman selama libur panjang akhir bulan ini.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan dalam mengantisipasi peningkatan pergerakan masyarakat dan libur panjang, Pertamina telah mencukup pasokan kebutuhan energi.

Dia menjelaskan untuk jenis BBM mulai dari Pertaseries, dexseries, premium dan solar, ketahanan stok secara nasional rata-rata di atas 31 hari, sedangkan untuk LPG di atas 18 hari dan akan terus terjamin ketersediaannya.

“Untuk melayani masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara, Pertamina menjamin stok Avtur sangat aman dengan coverage day hingga 66 hari atau sekitar 386.000 KL," katanya dalam keterangan resminya pada Selasa (27/10/2020).

Fajriyah mengemukakan bahwa Pertamina mengantisipasi adanya peningkatan aktivitas konsumen rumah tangga dalam menyediakan makanan untuk keluarga selama cuti bersama.

Adapun, stok LPG di SPPBE dan Depot LPG saat ini dalam kondisi aman. Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kg selama libur panjang  ini, Pertamina menyiapkan tambahan fakultatif sebesar 4 persen% atau sekitar 5.750 MT/hari.

“Agar kebutuhan energi tetap terpenuhi dan masyarakat tetap nyaman menikmati liburan panjang, Pertamina akan terus memantau adanya kenaikan permintaan LPG dan akan menyiapkan penambahan pasokan secara fakultatif bila diperlukan. Namun, kami mengimbau bagi masyarakat yang secara ekonomi terkategori mampu dapat menggunakan LPG nonsubsidi dengan varian Bright Gas,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina BBM avtur
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top