Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres Harap Indonesia Rajai Pasar Produk Halal 2024

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengharapkan Indonesia dapat mencapai target menjadi produsen produk halal terbesar dunia pada 2024.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 24 Oktober 2020  |  10:57 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. "Konsumen dalam negeri sudah besar, sekarang bagaimana menjadi produsen halal, untuk global hub-nya. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengharapkan Indonesia dapat mencapai target menjadi produsen produk halal terbesar dunia pada 2024.

“Harapannya kita 2024 sudah tercapai jadi produsen halal terbesar karena kita punya potensi yang besar,” kata Ma’ruf dalam konferensi pers bertajuk Indonesia Menuju Pusat Halal Dunia, Sabtu (24/10/2020).

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Ma’ruf mengemukakan Indonesia telah memiliki kekuatan pasar domestik. Meski demikian, terdapat pekerjaan rumah untuk menembus pasar global yang lebih luas.

Pada 2018, konsumsi produk halal Indonesia mencapai US$214 miliar. Jumlah tersebut setara dengan 10 persen dari total perdagangan produk halal yang mencapai US$2,2 triliun.

“Konsumen dalam negeri sudah besar, sekarang bagaimana menjadi produsen halal, untuk global hub-nya.”

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan pengembangan penetrasi produk halal Indonesia ke pasar global bakal didorong dengan jaminan produk halal dan fasilitasi produksi di kawasan industri.

Berdasarkan laporan IMF Trade Statistics, Indonesia menjadi eksportir terbesar ketiga dengan destinasi negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dengan pangsa pasar 10,7 persen. Meski demikian, pangsa produk halal di pasar global baru mencapai 3,8 persen.

“Kita bisa melampaui pesaing kita karena dari segi penduduk tidak sebesar kita dan perekonomiannya tidak masuk G20,” kata Airlangga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

produk halal UU Jaminan Produk Halal
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top