Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cuma 1 Konsorsium Ikut Prakualifikasi Tol Gedebage-Cilacap, Tak Menarik?

BPJT telah melaksanakan prakualifikasi pelelangan jalan tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap sepanjang 206,65 kilometer pada awal Agustus 2020.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  18:21 WIB
Ilustrasi: Pembangunan jalan tol. - Istimewa
Ilustrasi: Pembangunan jalan tol. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa pada tahapan prakualifikasi lelang proyek jalan tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap, hanya ada satu konsorsium yang memasukkan dokumen lelang.

Kepala BPJT Danang Parikesit menjelaskan bahwa pihaknya dalam proses melakukan evaluasi dokumen isian prakualifikasi pada proyek tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap.

"Saat ini kami sedang melakukan proses evaluasi dokumen isian untuk tahapan prakualifikasi lelang, yang memasukkan dokumen prakualifikasi hanya ada satu konsorsium," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (15/10/2020).

Sebelumnya, konsorsium PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) sebagai pemrakarsa proyek ini mengaku telah mengajukan dokumen prakualifikasi lelang tol sepanjang 206,65 kilometer tersebut.

Jasa Marga menyatakan bahwa sebagai pemrakarsa proyek tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap, perseroan sudah mengetahui dengan baik kondisi lapangan proyek tersebut.

Agus Setiawan, Corporate Secretary Jasa Marga menjelaskan pihaknya bersama anggota konsorsium lainnya sudah mengajukan dokumen keikutsertaan dalam tahapan prakualifikasi lelang proyek tol tersebut.

"Jasa Marga bersama konsorsium yang terdiri atas BUMN lain, BUMD [daerah], dan BUMS [swasta], telah menyampaikan dokumen prakualifikasi ruas Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap kepada panitia pelelangan BPJT pada September lalu," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (15/10/2020).

Agus menyatakan bahwa konsorsium Jasa Marga merupakan pemrakarsa proyek tersebut, dan telah ditetapkan oleh Menteri PUPR, sehingga telah mengetahui dengan lebih baik kondisi ruas jalan tol tersebut.

Dengan kelebihan itu, dia menilai akan mendukung Jasa Marga dan konsorsium dalam proses tender yang saat ini tengah berjalan di BPJT Kementerian PUPR.

Sebelumnya, BPJT telah melaksanakan prakualifikasi pelelangan jalan tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap sepanjang 206,65 kilometer pada awal Agustus 2020.

Proyek ini merupakan prakarsa badan usaha dengan memiliki hak menyamakan penawaran.

Berdasarkan catatan Bisnis, proyek jalan tol Gedebage—Tasikmalaya—Cilacap yang diinisiasi oleh PT Jasa Marga Tbk. dan PT Daya Mulia Turangga ini memiliki nilai investasi Rp57,59 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top