Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jalur Perbatasan Batam–Singapura Dibuka, Lagoi Siap Menanti Wisman

Pemkab Bintan berharap kawasan wisata Lagoi, dengan dukungan sejumlah properti yang telah dioperasikan, dapat mengambil manfaat dari pembukaan jalur perbatasan Batam–Singapura.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 13 Oktober 2020  |  17:59 WIB
Lagoi Bay di Bintan, Kepulauan Riau. - Antara
Lagoi Bay di Bintan, Kepulauan Riau. - Antara

Bisnis.com, TANJUNGPINANG – Pemkab Bintan, Kepulauan Riau, berharap pembukaan kembali jalur perbatasan Batam–Singapura yang direalisasikan mulai 26 Oktober 2020 berdamapk positif dengan datangnya wisatawan dari negeri jiran itu ke kawasan wisata internasional Lagoi di Bintan.

"Pemprov Kepri pun sudah jauh-jauh hari menyurati pemerintah pusat agar membuka pintu masuk wisman asal Singapura di Lagoi. Jadi sebaiknya jangan cuma Batam, tapi Bintan juga dibuka," kata Pjs, Bupati Bintan Buralimar pada Selasa (13/10/2020).

Menurut dia, kawasan wisata Lagoi secara umum sudah sangat siap untuk menyambut kedatangan wisman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain itu, lanjut Buralimar, Lagoi juga memiliki pelabuhan sendiri untuk melayani wisman dan letaknya berada jauh dari permukiman warga. "Kami siap mempertaruhkan Lagoi untuk menerima wisman di tengah pandemi Covid-19," tuturnya seperti ditulis Antara.

Dalam catatan Bisnis.com, sejumlah properti telah dibangun di Lagoi untuk menopang pariwisata di antaranya Plaza Lagoi, Klub Pantai Nirwana, Marine Life Discovery Park, Lagoi Bay Lanten Park, serta beberapa klub golf yakni Ria Bintan, Bintan Lagoon Resort, dan Laguna Bintan.

Beberapa properti perhotelan juga sudah dibangun di Lagoi seperti The Sanchaya, Inra Maya Pool Villas, The Anom Resort Bintan, Banyan Tree Bintan, Banyu Biru Villa, Natra Bintan, Lagoi Bay Villas, Nirwana Resort Hotel, Mayang Sari Beach Resort, dan Grand Lagoi Hotel.

Sejumlah tur pun telah dipersiapkan seperti BRC Tours dan Bintan Tour & Transportation, sedangkan untuk hiburan malam termasuk kuliner dapat dinikmati di The Terrace.

Buralimar selanjutnya menyarankan pemerintah dapat melakukan uji coba penerimaan wisman Singapura di pelabuhan khusus Lagoi dengan jumlah yang dibatasi, misalnya 300 orang per pekan.

"Kalau bisa, pada akhir Oktober atau awal November 2020 sudah dibuka secara bertahap, supaya pariwisata Bintan tetap menggeliat meski ada wabah," ujarnya.

Indonesia dan Singapura menyepakati pembukaan akses keluar masuk antarnegara melalui dua titik yakni kapal feri melalui Tanah Merah Ferry Terminal Singapura - Batam Center Ferry Terminal Batam, lalu penerbangan melalui Bandara Soekarno - Hatta International Airport dan Changi International Airport.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam pariwisata bintan lagoi
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top