Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Tetap Kejar Visi Indonesia 2045 di Tengah Pandemi

Cara pandang atas reformasi tersebut adalah untuk mengejar visi Indonesia emas 2045 yaitu menjadi negara maju. Pandemi tidak menyurutkan tekad pemerintah untuk meraih tujuan ini.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  17:15 WIB
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam media briefing, Senin (12/10/2020) - Jaffry Prabu Prakoso/Bisnis.
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam media briefing, Senin (12/10/2020) - Jaffry Prabu Prakoso/Bisnis.

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan bahwa pemerintah tengah melakukan reformasi pajak secara menyeluruh. Sistem tersebut terus diperbaiki untuk mengoptimalkan perekonomian Indonesia.

Cara pandang atas reformasi tersebut adalah untuk mengejar visi Indonesia emas 2045 yaitu menjadi negara maju. Awal tahun ini, sebenarnya pemerintah masih cukup optimistis.

“Namun, pada Februari kemudian Maret, pandemi Covid-19 mulai memasuki perekonomian Indonesia. Kita melihat perubahan mendasar karena pandemi. Namun, kita tetap dalam trek untuk mewujudkan Indonesia emas,” katanya melalui diskusi virtual, Senin (12/10/2020).

Suahasil menjelaskan bahwa pandemi mulai menunjukkan tekanan apabila dilihat dari pertumbuhan Indonesia. Jika 5 persen adalah laju yang umumnya terjadi, pada kuartal I/2020 hanya 2,97 persen.

Kemudian, pada kuartal II/2020,  kontraksi semakin terasa akibat pembatasan sosial berskala besar. Dampaknya, ekonomi minus 5,32 persen.

Memasuki periode III/2020, terlihat adanya pemulihan ekonomi. Kegiatan usaha mulai perlahan kembali bangkit. Kondisi ini, tambah Suahasil, harus dijaga sembari tetap memerhatikan protokol kesehatan.

“Dengan ini pesan Presiden Jokowi jadi sangat penting dan jelas. Selain menangani pemasalahan kesehatan, kita tetap memikirkan transformasi ekonomi Indonesia menuju negara maju. Transformasi tetap diutamakan di samping menangani Covid-19,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wamenkeu ekonomi indonesia Visi Indonesia 2045
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top