Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kerap Terjadi Kecelakaan, Bina Marga Sentil Kedisiplinan Kontraktor Tol

Kementerian PUPR mengingatkan kedisiplinan kontrak konstruks jalan tol agar kecelakaan kerja tidak terulang.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 30 September 2020  |  17:59 WIB
Ilustrasi jalan tol  -  Reuters
Ilustrasi jalan tol - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kontraktor pelaksana pembangunan proyek tol diminta untuk disiplin dalam menerapkan sistem keselamatan kerja yang ada selama proses pengerjaan jalan tol.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Hedy Rahadian menjelaskan beberapa waktu terakhir ini terjadi kecelakaan kerja di proyek tol.

"Soal safety, beberapa hari ini terjadi kecelakaan kerja yang tentu tidak kita harapkan. Harus ada plan yang jelas dari kontraktor untuk mencapai zero fatalities dan zero accident," ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan groundbreaking tiga proyek di tol Pondok Aren–Serpong pada Rabu (30/9/2020).

Hedy mengatakan sudah ada sistem keselamatan kerja dalam pelaksanaan proyek jalan tol, sehingga kontraktor harus menjalankan sistem itu dengan disiplin.

Kemudian kontraktor juga harus memerhatikan safety atau keamanan bagi pengguna jalan, khususnya bagi proyek yang dijalankan pada on traffic atau di dekat jalur lalu lintas kendaraan.

Untuk pelaksanaan proyek seperti itu, kontraktor harus menyiapkan fasilitas tambahan seperti traffic management atau pengaturan lalu lintas.

"Traffic management harus jalan, kan itu sudah ada. Jadi, harus diperhatikan agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas terkait dengan konstruksi," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol kecelakaan kerja
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top