Telah Melayani 26 Juta Km Perjalanan, GrabProtect Kini Hadir di Jayapura

GrabProtect telah hadir di puluhan kota di Indonesia dan menjadi pilihan terpercaya mobilitas masyarakat Indonesia yang telah melayani lebih dari 26 juta kilometer perjalanan.
Grab sebagai aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, meluncurkan GrabProtect di Jayapura bersama Wali Kota Jayapura dan Dinas Perhubungan Kota Jayapura.
Grab sebagai aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, meluncurkan GrabProtect di Jayapura bersama Wali Kota Jayapura dan Dinas Perhubungan Kota Jayapura.

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melayani hingga 26 juta kilometer perjalanan masyarakat Indonesia secara aman, Grab aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara, meluncurkan hadirnya GrabProtect di Jayapura. 

Peluncuran GrabProtect telah dilakukan secara resmi bersama Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano dan Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Rabu (23/9/2020). 

Head of East Indonesia Grab Indonesia Halim Wijaya mengatakan GrabProtect hadir sebagai protokol keamanan dan kebersihan untuk meminimalisir resiko penyebaran COVID-19 dari transportasi.

"Pada tahap awal, puluhan armada GrabCar Protect siap untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman di Jayapura," ujarnya seperti siaran resmi yang dikutip, Jumat (25/9/2020).

GrabProtect sebelumnya hadir di puluhan kota di Indonesia sejak April  dari Pulau Sumatera hingga Papua, dan telah melayani lebih dari 26 juta kilometer perjalanan masyarakat Indonesia dengan ribuan armada GrabCar dan GrabBike Protect. 

Halim mengatakan bahwa Grab berkomitmen terus berinovasi dalam memberikan platform digital yang aman bagi masyarakat dan mitra pengemudi selama pandemi. 

Telah Melayani 26 Juta Km Perjalanan, GrabProtect Kini Hadir di Jayapura

Puluhan armada GrabCar Protect siap untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman di Jayapura.

“Misi GrabForGood mendorong kami untuk selalu mencari cara dalam memastikan seluruh masyarakat bisa menikmati manfaat dari ekonomi digital, termasuk dalam era pandemi ini," ujarnya.

Menurutnya keamanan selalu menjadi fokus utama Grab dan melalui GrabProtect, dan menjadi pelopor dalam peningkatan standar kebersihan di industri ride-hailing. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan sambutan baik dari pemerintah, masyarakat dan mitra pengemudi," ujarnya.

PERKUAT KOMITMEN

Dengan hadirnya armada GrabCar Protect di Jayapura, pihaknya akan terus memperkuat berkomitmen bersama mitra pengemudi guna memberikan armada yang terpercaya guna mendukung mobilitas aman. 

Wali Kota Jayapura. Benhur Tomi Mano menyambut positif langkah Grab sebagai pionir dalam meningkatkan standar keamanan selama masa pandemi COVID-19 ini. 

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Grab yang telah menghadirkan proteksi tambahan bagi keselamatan penumpang maupun mitra pengemudi di Jayapura," ujarnya.

Telah Melayani 26 Juta Km Perjalanan, GrabProtect Kini Hadir di Jayapura

GrabProtect hadir sebagai protokol keamanan dan kebersihan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19.

Selain itu, dirinya juga berharap partisipasi dari mitra pengemudi untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan tujuan menjadi lini terdepan yang berpartisipasi menekan penyebaran COVID-19. 

"Saya percaya kerja sama ini akan membantu masyarakat untuk bisa beraktivitas dengan mudah dan aman, sehingga kita tetap bisa sehat dan ekonomi daerah terus bisa berputar," ujarnya. 

GrabProtect hadir untuk memperkenalkan rutinitas dalam berkendara yang baru agar perjalanan lebih aman. 

Hal ini dimulai dengan memastikan pengguna dalam keadaan sehat dan telah mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan sebelum melakukan perjalanan.

Kemudian, memberikan mereka kesempatan untuk membatalkan dan memberikan tanggapan kepada Grab jika mitra pengemudi tidak menggunakan masker, serta menggunakan metode pembayaran non-tunai (cashless payment). 

Adapun beberapa langkah tersebut meliputi: 

1. Teknologi deklarasi kesehatan online dan mask selfie. Grab meluncurkan dua fitur in-app terbaru, formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online dan fitur pengecekan masker via selfie mulai akhir Juni lalu. 

Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini akan mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran, serta penumpang untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala COVID-19 dan telah mematuhi langkah-langkah keamanan serta kebersihan yang diperlukan, sebelum mengemudi.

Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk mengambil selfie dengan menggunakan masker pada fitur mask selfie (pengecekan masker via selfie) setelah melengkapi formulir deklarasi.  

2. Melengkapi kendaraan dengan partisi plastik dan peralatan kebersihan. Sebagai bagian dari program kebersihan GrabProtect di Indonesia. 

Grab menghadirkan armada GrabCar Protect dan GrabBike Protect yang dilengkapi dengan partisi plastik tebal dengan kualitas baik sebagai pemisah untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan mitra pengemudi. 

Di Jayapura, Grab menghadirkan puluhan armada GrabCar Protect sebagai tahap awal yang kedepannya akan terus ditambah. 

Grab juga akan mendistribusikan peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, desinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect di Jayapura . 

Selain itu, Grab juga telah mendirikan posko sanitasi di Jayapura di mana mitra pengemudi dapat membawa kendaraannya untuk desinfeksi. 

3. Penumpang dan mitra pengemudi dapat membatalkan perjalanan apabila persyaratan masker tidak dipenuhi. Para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab diwajibkan untuk menggunakan masker setiap kali mereka melakukan perjalanan dengan platform Grab. Kebijakan yang sama akan berlaku untuk penumpang. 

Apabila ada salah satu pihak yang tidak menggunakan masker, baik mitra pengemudi dan penumpang dapat membatalkan pemesanan tanpa denda sebelum perjalanan dimulai, dengan memilih pengemudi / penumpang tidak memakai masker sebagai alasan pembatalan. 

Selain itu, Grab juga telah memperbarui fitur penilaian dan tanggapan serta pusat bantuan dalam aplikasi, dengan opsi baru untuk pelaporan terkait kesehatan dan kebersihan. 

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk memberikan tanggapan kepada Grab apabila mitra pengemudi terlihat tidak sehat atau tidak menggunakan masker selama perjalanan. 

Sejak bulan April 2020, Grab telah meluncurkan protokol dan armada GrabProtect pertama. Hingga saat ini armada GrabBike Protect dan GrabCar Protect telah tersedia di berbagai kota dari Sumatera sampai Papua.

Dengan kebutuhan masyarakat yang akan opsi transportasi yang lebih aman di tengah pandemi, armada GrabBike Protect dan GrabCar Protect telah melayani lebih dari 26 juta kilometer perjalanan di berbagai kota di Indonesia. 

Jarak itu setara dengan 4.600 kali pulang pergi dari Aceh hingga Jayapura. Grab akan selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi para mitra dan juga pelanggan dalam memanfaatkan teknologi untuk kebaikan. 

"Kami berharap, semoga dengan adanya layanan GrabProtect di Jayapura ini dapat membantu masyarakat beraktivitas di tengah pandemi dengan rasa aman dan tetap dapat terus mendukung jalannya roda perekonomian," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper