Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sah, Jalan Tol Manado-Bitung Akhirnya Resmi Beroperasi

Sebelum tol Manado—Bitung dibangun, masyarakat yang hendak ke Bitung atau sebaliknya ke Manado, harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 29 September 2020  |  14:49 WIB
Gerbang tol Danowudu di jalan tol Manado--Bitung ruas Manado--Danowudu. - Tangkapan layar, Saluran Youtube PTPP
Gerbang tol Danowudu di jalan tol Manado--Bitung ruas Manado--Danowudu. - Tangkapan layar, Saluran Youtube PTPP

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa dengan dibukanya jalan tol Manado—Bitung, waktu tempuh masyarakat di antara dua kota menjadi lebih singkat yaitu hanya sekitar setengah jam.

Jokowi menyebut bahwa sebelum jalan tol dibangun, masyarakat yang hendak menuju ke Bitung atau sebaliknya ke Manado, harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam.

"Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan Manado—Bitung waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat. Dulu ditempuh satu setengah jam sekarang hanya setengah jam saja, ini sebuah kecepatan yang sangat berubah sekali," ujarnya saat peresmian jalan tol Manado—Bitung ruas Manado—Danowudu secara virtual Selasa (29/9/2020).

Presiden mengatakan bahwa dengan rampungnya jalan tol Manado—Danowudu sepanjang 26 kilometer, kini jalan bebas hambatan itu sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan transportasi masyarakat setempat.

Lokasi jalan tol ini juga strategis, di mana gerbang tol Manado hanya berjarak sekitar 9 kilometer dari Bandara Internasional Sam Ratulangi atau hanya sekitar 12 menit bila ditempuh dari bandara.

Selain bermanfaat bagi masyarakat dan memotong jarak tempuh antardua kota, proyek tol ini juga diharapkan bakal mendorong potensi ekonomi Manado dan Bitung yang memang sudah memiliki potensi ekonomi unggulan.

"Seperti perikanan di Bitung, ada juga perkebunan, pertanian, serta banyak destinasi wisata unggulan di Manado yang tentu saja pengembangan destinasi itu membutuhkan dukungan infrastruktur termasuk jalan tol ini," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol manado-bitung
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top