Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Jokowi Akan Resmikan Ruas Tol Manado-Danowudu Siang Ini

Panjang keseluruhan tol Manado—Bitung adalah 39 kilometer yang dibangun dengan konsep kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 29 September 2020  |  08:35 WIB
Foto aerial jalan tol Manado--Bitung. - Istimewa/Kementerian PUPR
Foto aerial jalan tol Manado--Bitung. - Istimewa/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan bahwa siang ini, Presiden Joko Widodo bakal meresmikan proyek jalan tol Manado—Bitung untuk ruas Manado—Danowudu secara virtual.

Corporate Communications and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa peresmian proyek tol pertama di Sulawesi Utara tersebut bakal dilaksanakan secara virtual.

"Peresmian jalan tol Manado—Bitung ruas Manado—Danowudu oleh Presiden RI Joko Widodo akan dilaksanakan secara virtual melalui live streaming di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 29 September 2020 pukul 14.00 WIB atau 15.00 Wita," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (29/9/2020).

Sebelumnya, diberitakan bahwa PT Jasamarga Manado Bitung, pengelola jalan tol Manado—Bitung, bersiap-siap mengoperasikan ruas Manado—Danowudu.

Direktur Utama PT JMB George I.M.P. Manurung menjelaskan bahwa jalan tol Manado—Bitung akan dioperasikan secara bertahap. Ruas yang direncanakan dioperasikan dalam waktu dekat adalah Manado—Danowudu sepanjang 26,35 km.

Panjang keseluruhan tol Manado—Bitung adalah 39 kilometer yang dibangun dengan konsep kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri atas dua seksi, yakni Seksi 1 Manado—Airmadidi sepanjang (14 km) yang dibangun pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi—Bitung (25 km) yang dibangun PT JMB.

“Dalam waktu dekat yang akan dioperasikan adalah ruas Manado—Danowudu sepanjang 26,35 kilometer yang merupakan keseluruhan seksi 1 serta sebagian dari seksi 2, yaitu seksi 2A Airmadidi—Danowudu,” ujarnya melalui siaran pers Senin (28/9/2020).

Sementara itu, untuk ruas Danowudu—Bitung sepanjang 12,65 km ditargetkan selesai konstruksi pada April 2021. Hingga saat ini progres konstruksinya telah mencapai 77,61 persen dan pembebasan lahan mencapai 99,23 persen.

Jalan tol Manado—Bitung akan memiliki total lima gerbang tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol manado-bitung
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top