Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekolognas Bisa Ringankan Tantangan Pebisnis Sektor Logistik

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menilai Ekolognas bisa meringankan tantangan yang dihadapi pebisnis logistik.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 September 2020  |  14:55 WIB
Kegiatan Bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Bobi Bani.
Kegiatan Bongkar muat kontainer di Pelabuhan Batu Ampar, Selasa (8/9/2020). - Bisnis/Bobi Bani.

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) menilai Ekosistem Logistik Nasional (Ekolognas) bisa menjadi katalisator bagi Indonesia untuk menghadapi tantangan Asean Connectivity 2025 di samping pandemi Covid-19.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan Ekolognas merupakan hasil kerja sama yang besar. 

Dia melihat antara kementerian/lembaga dan pelaku usaha sudah ada komitmen bersama. Hal ini membuktikan bahwa kolaborasi menjadi lebih baik dibandingkan dengan kompetisi.

"Semoga kita bisa kawal, time frame dari Bapak Presiden [Joko Widodo] dalam Inpres [No. 5/2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional] ini dua tahun. Semoga dalam selama 2 tahun bisa memberikan yang terbaik," kata Yukki, Kamis (24/9/2020).

Yukki menjelaskan ada beberapa tantangan bagi pelaku sektor logistik selain pandemi Covid-19. Pada 2025, Indonesia masuk ke Asean Connectivity bukan hanya pergerakan orangnya melainkan termasuk pergerakan barang.

"Semoga yang dilakukan hari ini bisa berdampak besar bagi bangsa dan negara," ujarnya.

Ekolognas merupakan platform yang memfasilitasi kolaborasi sistem informasi antar instansi pemerintah dan swasta untuk simplikasi dan sinkronisasi arus informasi dan dokumen dalam kegiatan ekspor/impor di pelabuhan dan kegiatan perdagangan/distribusi barang dalam negeri melalui sharing data, simplikasi proses bisnis, dan penghapusan repetisi, serta duplikasi.

Peta Jalan Ekolognas antara lain integrasi antara Indonesia National Single Window (INSW), Inaport, Inatrade, Customs-Excise Information System and Automation (CEISA), sistem trucking, sistem gudang, sistem transportasi, sistem terminal operator, dan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top