Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Semua Gedung Wajib Sediakan Parkir Khusus Sepeda! Ini Aturannya

Pemerintah mewajibkan semua gedung dan simpul massa untuk menyediakan parkir khusus sepeda untuk mengakomodir Permenhub No. 59/2020.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 September 2020  |  10:52 WIB
Masyarakat yang naik sepeda di jalan raya perlu memperhatikan isyarat bersepeda di jalan raya agar aman. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Masyarakat yang naik sepeda di jalan raya perlu memperhatikan isyarat bersepeda di jalan raya agar aman. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah minta semua pihak pemilik gedung dan simpul massa lainnya untuk mulai menyediakan prasarana bagi pesepeda seperti parkir khusus sepeda hingga jalur khusus sepeda. Hal ini menjadi bagian dari amanat aturan yang baru saja disahkan pemerintah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan dalan aturan Permenhub No. 59/2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan mengharuskan adanya fasilitas penunjang bagi para pengguna sepeda.

Salah satunya, fasilitas parkir wajib disediakan pada setiap penyelenggara fasilitas umum, antara lain simpul transportasi, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, dan tempat ibadah.

"Marilah kita sama-sama mendorong pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pengelola gedung mulai siapkan infrastruktur sepeda jalur sepeda dan tempat parkir," katanya, Rabu (23/9/2020).

Lebih lanjut, dia menyebut penggunaan sepeda saat ini harus diarahkan kepada kegiatan sehari-hari sebagai angkutan yang lebih ekonomis, fleksibel, serta memberikan jaminan kesehatan yang lebih baik karena mengurangi polusi dan menggerakkan tubuh.

Dia menyebut beberapa negara sudah mulai terbiasa menggunakan sepeda, seperti Italia, Jepang dan Belanda. Menurutnya, penggunaan sepeda di Indonesia harus dapat menjadi gaya hidup sehari-hari.

Pemerintah daerah dapat menentukan jenis dan penggunaan sepeda di daerahnya sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan daerahnya. Sementara, penetapan lajur khusus Sepeda oleh Menteri, Gubernur, dan bupati/wali kota, sesuai dengan kewenangannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top