Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kalisat Energi Nusantara Mulai Tajak Sumur NK-1X

Sumur eksplorasi NK-1X memiliki target kedalaman akhir sekitar 1.700 meter dengan waktu pengerjaan selama 47 hari.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 17 September 2020  |  15:59 WIB
Platform offshore migas. Istimewa - SKK Migas
Platform offshore migas. Istimewa - SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kalisat Energi Nusantara melaksanakan tajak sumur eksplorasi pertama melalui Sumur NK-1X di wilayah kerja Long Hubung Long Bagun yang berada di Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Arizon Suardin mengatakan, tujuan dari pengeboran Sumur NK-1X untuk membuktikan adanya hidrokarbon di Struktur Mamahak pada Formasi Intra dan Upper Kiham Haloq.

Sumur eksplorasi NK-1X memiliki target kedalaman akhir sekitar 1.700 meter dengan waktu pengerjaan selama 47 hari.

"Kegiatan tajak Sumur NK-1X merupakan implementasi dari strategi keempat SKK Migas yakni eksplorasi untuk penemuan besar. Tentunya penemuan cadangan migas perlu dibuktikan melalui sumur eksplorsai," ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (17/9/2020).

Dengan adanya pengeboran ini, SKK Migas berharap dapat memberikan hasil positif untuk mewujudkan visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan gas 12.000 mmscfd pada 2030.

Jaffee mengapresiasi pihak yang telah membantu untuk merealisasikan kegiatan tersebut meski di tengah kondisi sulit pada hulu migas saat ini.

"Proyek dengan nilai investasi US$6,1 juta ini juga menunjukkan bahwa gairah investasi di hulu migas masih tinggi di tengah menurunnya tren investasi secara umum di Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, General Manager KEN Sunarno Aloy mengungkapkan, upaya menyiapkan lokasi Sumur NK-1X cukup menantang, antara penyelesaian pembuatan jetty, pembuatan jalan ke lokasi dengan panjang 6 kilometer melalui jalan sawit dan hutan, serta mobilisasi material dan alat pengeboran yang cukup rumit karena harus melalui Sungai Mahakam sepanjang 350 kilometer.

Dia berharap, dengan pengeboran ini dapat berhasil menemukan cadangan migas yang bernilai komersial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

skk migas sumur migas
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top