Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Banyak Stimulus, Industri Diminta Tak Membuat Klaster Baru Covid-19

Sejumlah stimulus yang diberikan pemerintah untuk pelaku industri dinilai sudah cukup baik dalam menghadapi krisis pandemi Covid-19. Untuk itu guna menjamin kelancaran berusaha, pelaku usaha baiknya tidak membuat klaster baru.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 15 September 2020  |  20:57 WIB
Ilustrasi-Tes virus Corona. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah pada dasarnya tidak akan terlalu mengganggu para pelaku industri.  - Antara
Ilustrasi-Tes virus Corona. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah pada dasarnya tidak akan terlalu mengganggu para pelaku industri. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah stimulus yang diberikan pemerintah untuk pelaku industri dinilai sudah cukup baik dalam menghadapi krisis pandemi Covid-19. Untuk itu guna menjamin kelancaran berusaha, pelaku usaha baiknya tidak membuat klaster baru.

Ekonom Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Fajar B. Hirawan mengatakan kinerja pemerintah dalam penanganan Covid-19 evaluasinya dari sisi suplai sudah mulai bergeliat, khususnya jika dilihat dari PMI Manufaktur yang sudah mulai berada di kisaran 50.

Selain itu, pemerintah juga sepertinya sudah cukup fokus terhadap sisi permintaan dengan bantuan sosialnya.

"Saya rasa pengetatan kembali PSBB tidak akan akan secara signifikan menganggu kinerja industri, khususnya industri pengolahan. Apalagi industri yang dikategorikan sebagai industri strategis atau penting," katanya kepada Bisnis, Selasa (15/9/2020).

Fajar mengemukakan antisipasi yang perlu dilakukan pelaku industri sebenarnya bergantung pada mereka sendiri. Seberapa patuh mereka mengikuti atau mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Fajar, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah pada dasarnya tidak akan terlalu mengganggu para pelaku industri, asalkan tadi, jangan sampai kegiatan industri justru malah menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

klaster industri stimulus ekonomi pandemi corona
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top