Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PSBB, Wishnutama Sebut Industri Wisata Bisa Tetap Produktif

Kemenparekraf memastikan akan mendorong penerapan protokol kesehatan sekaligus menyiapkan program dan mendampingi para pelaku usaha agar bisa bangkit.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 September 2020  |  10:54 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024 Wishnutama Kusubandio menyampaikan sambutan seusai serah terima jabatan dengan Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024 Wishnutama Kusubandio menyampaikan sambutan seusai serah terima jabatan dengan Menteri Pariwisata periode 2014-2019 Arief Yahya di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa tetap produktif saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Ia memastikan kementerian akan mendorong penerapan protokol kesehatan sekaligus menyiapkan program dan mendampingi para pelaku usaha agar bisa bangkit.

"Kemenparekraf akan terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait serta industri untuk menyiapkan program yang akan memudahkan industri dan pelaku bertahan dan bangkit dari situasi pandemi," kata Wishnutama, dikutip dari Tempo.co, MInggu (13/9/2020).

Wishnutama memastikan pelaku usaha menerapkan protokol kesehatan berbasis cleanliness, health, safety and environmental sustainability atau CHSE.

Kementerian pun akan mengkampanyekan Indonesia Care untuk mengimplementasikan protokol kesehatan sekaligus melakukan verifikasi terhadap destinasi yang bersih, sehat, dan aman.

Terkait pemberlakuan PSBB, Wishnutama mengatakan dirinya memahami keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kami sangat memahami keputusan yang diambil dalam pemberlakuan kembali PSBB sebagai upaya pengendalian terhadap penyebaran virus Covid-19," jelasnya.

Wishnutama pun tak mengelak jika pemberlakuan PSBB akan memiliki dampak yang besar, termasuk terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi saat ini, sektor tersebut sedang berupaya bangkit pelan-pelan setelah terimbas pukulan wabah.

Untuk itu, dia meminta pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, memberikan ruang bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya berharap sektor dan pelaku usaha di bidang pariwisata dan ekraf yang selama ini telah berupaya melaksanakan protokol kesehatan dengan baik agar tetap diberikan untuk tetap melakukan usahanya," ucapnya.

Lebih lanjut, dia menekankan pentingnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dan seluruh pihak dalam mematuhi aturan PSBB. Dengan demikian, PSBB bisa segera selesai dan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif kembali berdetak. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Sumber : Tempo.co

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top