Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menko Airlangga Bilang PSBB Picu IHSG Anjlok, Komisi XI Protes

Anggota Komisi XI menilai keputusan Gubenur DKI Jakarta untuk memberlakukan PSBB ketat mulai 14 September adalah langkah tepat, karena dari 34 Propinsi baru DKI yang memenuhi standar Jumlah spesimen warga yang ditentukan oleh WHO 1 : 1.000.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 10 September 2020  |  14:23 WIB
Menko Airlangga Bilang PSBB Picu IHSG Anjlok, Komisi XI Protes
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub DKI Amad Riza Patria memberi penjelasan perihal diberlakukannya kembali PSBB seperti awal pandemi Covid-19, Rabu (9/9/2020). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyebut penurunan IHSG sebagai akibat dari pengumuman pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di Jakarta mendapat tanggapan DPR.

Anggota Komisi XI DPR Kamrussamad mengatakan bahwa pernyataan Menko Perekonomian cermin pola pikir pemerintah yang melihat ekonomi lebih penting dari kesehatan dan keselamatan jiwa rakyat.

"Ini merupakan problem utama sejak awal, takut lockdown akhirnya di-lockdown oleh puluhan negara, Takut Perpanjang PSBB akhirnya virus membuat peternakan sendiri dalam transmisi setiap komunitas warga," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (10/9/2020).

Dia menjelaskan IHSG yang fluktuatif dalam zaman Covid adalah hal biasa tidak perlu menyalahkan satu sama lain. Apalagi, pemerintah mengatakan bahwa Indonesia dalam situasi extraordinary. Artinya sewaktu sewaktu bisa terjadi turbulensi ekonomi nasional apalagi Pasar Modal seperti IHSG.

Adapun, menurutnya, keputusan Gubenur DKI Jakarta untuk memberlakukan PSBB ketat mulai 14 September adalah langkah tepat, karena dari 34 Propinsi baru DKI yang memenuhi standar Jumlah spesimen warga yang ditentukan oleh WHO 1 : 1.000.

"Hasilnya semua rumah sakit penuh pasien Covid. Bagaimana dengan provinsi lain?," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, indeks harga saham gabungan atau IHSG terjun bebas di bawah angka 5.000. Menko Perekonomian Airlangga menyebut bahwa ketidakpastian di pasar modal merupakan imbas dari pengumuman PSBB yang dilakukan oleh DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr komisi xi dpr Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Hadijah Alaydrus

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top