Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia Izinkan Penumpang Duduk Berdekatan, Asal...

Garuda Indonesia memberikan sejumlah ketentuan terkait dengan penempatan tempat duduk penumpang yang berdekatan baik dalam satu keluarga maupun tidak dalam kabin pesawat.
Layanan makanan di dalam penerbangan Garuda Indonesia./Dok. Istimewa-garuda-Indonesia.com
Layanan makanan di dalam penerbangan Garuda Indonesia./Dok. Istimewa-garuda-Indonesia.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. mengizinkan penumpang dalam satu keluarga dengan alamat KTP yang sama untuk duduk berdekatan dalam kabin. Namun, bagi penumpang yang bukan satu keluarga harus lebih dulu mendapatkan persetujuan dari penumpang lain.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan jaga jarak di atas pesawat tetap terjaga. Alhasil pengaturan kursi di Garuda adalah baris dengan tiga kursi penumpang akan dikosongkan pada bagian tengahnya. Sementara untuk kelas bisnis hanya satu kursi yang diisi.

Sementara, kursi pada baris bagian belakang digunakan untuk area isolasi. Alokasinya diperuntukkan bagi penumpang yang selama perjalanan di pesawat terindikasi mengalami sakit dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang lain.

Maskapai pelat merah tersebut juga menuturkan penumpang berhak menginformasikan kepada maskapai jika ingin duduk berdekatan tetapi harus dapat membuktikan diri masih dalam satu keluarga dengan alamat KTP yang sama.

Namun, dalam kondisi tertentu karena tingkat permintaan rute yang tinggi dan penumpang bersedia dengan sendirinya untuk tetap berangkat meskipun harus duduk berdekatan dengan orang yang tak dikenal atau koleganya, perseroan juga memperbolehkannya.

“Kalau penuh seperti kemarin ke Bali banyak itu sampai nambah pesawat, kita bilang kalau penumpang nggak masalah juga harus tanda tangan dulu bersedia duduk bersebelahan dengan orang lain nggak dikenal. Kalau enggak ya salah satu tunggu penerbangan selanjutnya. Tapi ini in case aja gak sering,” jelasnya, Jumat (4/9/2020).

Sebelumnya Lion Air Group juga berdalih kapasitas angkut penumpang pesawat udara yang diberikan batasan dalam jumlah yang diangkut, maka penumpang tertentu akan ada duduk berdampingan (bersebelahan dan tidak ada jarak),

Hal ini, tidak dapat dihindari namun sebagai operator penerbangan, Batik Air mengatur (menata) penempatan pada tempat duduk (seat arrangement) penumpang agar lebih meminimalisir dampak. Untuk kelompok penumpang dimaksud pada penerbangan adalah perjalanan grup dari keluarga atau rombongan tertentu (group booking) yang menginginkan dalam satu penerbangan dengan duduk berdekatan (satu baris) atau penumpang kategori PCR/ Swab hasil negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper