Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Capai 86,46%

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pembangunan proyek Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 kilometer kini progresnya telah mencapai 86,46 persen.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 04 September 2020  |  09:59 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong jaringan dari tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/9/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong jaringan dari tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/9/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pembangunan proyek Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 kilometer kini progresnya telah mencapai 86,46 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

"Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan satu dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II), sebagai upaya mendukung konektivitas pada kawasan metropolitan Jabodetabek sekaligus mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya," ujarnya dalam siaran pers Jumat (4/9/2020).

Kehadiran Jalan Tol JORR II nantinya juga bisa menjadi jalan distribusi logistik dari dan ke kawasan industri sekitar Ibu Kota Jakarta seperti Banten.

Jalan Tol JORR 2 terbagi menjadi 6 ruas, yaitu :

1.Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 Km)
2. Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 Km)
3. Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 Km)
4. Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,64 Km)
5. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (25,39 Km)
6. Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 Km)

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 Km itu terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu :

- Seksi I (Kunciran–Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km
- Seksi II (Tirtayasa–Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km
- Seksi III (Benteng Betawi–H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km
- Seksi IV (H.Sastranegara–SS Benda) sepanjang 2,06 Km

Untuk Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) diharapkan selesai konstruksi pada akhir 2020. Selain itu, jalan tol yang menyedot investasi Rp3,5 triliun ini juga diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya.

Selanjutnya, Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran nantinya juga tersambung dengan Jalan Tol Serpong - Cinere yang juga akan selesai konstruksinya pada akhir 2020. Jalan Tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tol jasa marga tol cengkareng kunciran
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top